Jawaban Esay Dalam Program Calon Guru Penggerak - Fauziah Rachmawati | Pendidik dan Penulis

Breaking

Iklan

Kamis, 29 Desember 2022

Jawaban Esay Dalam Program Calon Guru Penggerak

Jawaban Esay Dalam Program Calon Guru Penggerak

Eduinspirasi - Hai Sahabat Edu, tahu nggak kalau guru sekarang harus banyak belajar euy, updates dan upgrade ilmu. 

Udah nggak zaman buat mager doang. Alhamdulillahnya ada banyak amunisi buat nambah ilmu. Baik dari swasta maupun pemerintah.

Salah satunya melalui Guru Penggerak. Sebenarnya saya pernah ikut dulu, tapi lupa tidak klik "kirim". Udah lembur-lembur.. eee lupa klik. 

Ya udah Wassalam. 

Di angkatan 8, saya diminta Bapak KS untuk mengoordinir teman-teman guru buat ikut. Alhamdulillah terdata beberapa guru, kami melengkapi persyaratan bersama. Menyiapkan surat menyurat, perangko, dll. 

Saya wapri satu persatu. 

Alhamdulillah dari sekitar 9 daftar, yang lolos 3 orang. 

Alhamdulillah senang sekali bisa ramai-ramai ikut. 

Selesai mengisi essay, satu hal yang harus saya ingat. Harus klik "kirim". Biar tragedi sebelumnya tidak terjadi hehee..

Betewe apa sih Program Guru Penggerak itu?

Menurut https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/  Program Guru Penggerak bertujuan Menciptakan Pemimpin Pembelajaran Yang Berpusat pada Murid

Untuk menjadi Guru Penggerak, kita harus lulus seleksi dan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak. Program ini ke depannya akan menciptakan guru penggerak yang dapat:

  1. Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri
  2. Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik
  3. Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua
  4. Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid
  5. Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah

Di tahap awal, kita mengisi essay. Dari saran beberapa teman, essay diisi sesuai fakta, tidak copas, dan seakan-akan curhat. 

Ada satu cerita teman yang ketrima CGP, siangnya dia ada masalah dengan teman kantor. Trus malamnya pertanyaan di essay sesuai dengan kondisinya saat itu. Ia tulisa uneg-unegnya, skalian mengeluarkan emosi. Eee... lolos tahap satu juga. 

Saat mengisi jangan lupa copas jawaban kita ke dokumen. Karena terkadang halaman pengisian loading, isian panjang kali lebar kita tidak tersimpan. Nyesek banget kalau harus mengulang dari awal. 
Jadi untuk jaga-jaga dan dokumentasi, sebaiknya kita amankan jawaban kita di dokumen. 

Untuk referensi jawaban guru penggerak, berikut saya bagikan jawaban saya. 

1. Apa Yang Memotifasi Anda Menjadi Guru Penggerak

Jawabannya ada di sini 

2. Apa kelebihan yang mendukung peran Anda sebagai Guru Penggerak? Jelaskan alasannya dan berikan contohnya!

Jawabannya ada di sini 

3. Berikan contoh perubahan, inovasi, pemberdayaan, gerakan, atau lainnya yang memberikan dampak nyata berdasarkan inisiatif Anda sendiri. Apa yang mendorong Anda melakukan hal tersebut? (Jawaban Anda harus mencakup waktu kejadian, dampak atas inisiatif Anda, upaya yang Anda lakukan agar inisiatif tersebut terlaksana, peran Anda dan pihak lain yang terlibat bila ada)

Jawabannya ada di sini 

4. Permasalahan, tantangan, situasi yang kompleks adalah kondisi umum yang ditemui dalam menjalankan pekerjaan. Berikan contoh pengalaman Anda dalam menghadapi situasi yang paling menantang, kompleks atau sulit saat menjalankan tugas Anda!

Jawabannya ada di sini 

5. Ceritakan pengalaman Anda melakukan pengembangan terhadap orang lain (contohnya dengan guru, rekan sejawat lainnya, komunitas, tokoh masyarakat, maupun lainnya), misalnya dalam kegiatan perlombaan, riset ilmiah, mempersiapkan orang lain pada tugas dan tanggung jawab baru, atau lainnya.

Jawabannya ada di sini 


6. Upaya apa saja yang Anda lakukan untuk mendapatkan komitmen dari berbagai pihak untuk bekerja sama?

Jawabannya ada di sini 

7. Pertimbangan-pertimbangan atau alternatif apa saja yang Anda hadirkan dalam membuat keputusan? Informasi apa lagi yang Anda gunakan untuk memperkuat keputusan Anda?

Jawabannya ada di sini 

8. Tindakan apa yang kemudian Anda ambil dan bagaimana hasilnya?
Jawabannya ada di sini 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya