7 Keuntungan Memiliki Rumah di Usia Muda


Bagi saya rumah adalah sebuah tempat untuk tinggal, sebuah tempat untuk pulang, sebuah tempat untuk berteduh dari panas dan hujan. Namun, makna rumah bagi setiap orang tentu berbeda-beda. Setiap orang tentu memiliki bayangan rumah impian masa depannya. Sejak dulu biasanya orang-orang akan mulai memiliki rumah sendiri setelah menikah.
Namun, tahukah teman-teman bahwa memiliki rumah sendiri di usia muda merupakan hal yang menguntungkan? Seiring perkembangan jaman juga banyak anak muda yang memutuskan untuk tinggal dan memiliki rumah sendiri. Terpisah tempat tinggal dari orangtua. Tentu masing-masing orang memiliki alasannya saat memutuskan untuk membeli rumah sendiri meskipun belum menikah.
Biasanya yang jadi salah satu alasan memiliki rumah sendiri di usia muda adalah untuk belajar mandiri. Selain itu, tempat kerja yang memang jauh dari kampung halaman membuat mereka memutuskan membeli rumah sendiri di tempat rantau. Memang memiliki rumah sendiri di usia mudah akan memberikan banyak keuntungan. Selain tentunya membiasakan diri  untuk mandiri, berbagai keuntungan lainnya adalah sebagai berikut:
·             Membuat kita memiliki waktu menyicil yang panjang
Rumah bukanlah sesuatu yang murah dan mudah dibeli. Bahkan setelah bertahun-tahun menabung pun tak semua orang mudah membeli rumah. Nah, saat ini untuk memiliki rumah lebih mudah karena kita bisa mengambil cicilan rumah. Kalau ntaar… bisa semakin sulit mengatur keuangan karena kebutuhan anak semakin banyak. Untuk itu, lebih menguntungkan jika mulai menyicil rumah sejak usia muda atau sebelum menikah. Sehingga nantinya bisa menyelesaikan cicilan rumah di usia yang masih muda pula. Ke depannya bisa mengalokasikan uang untuk kebutuhan lain seperti pendidikan anak. Betul g?

·             Penyaluran gaji ke hal yang positif
Daripada menghabiskan gaji untuk kesenangan-kesenangan sesaat. Lebih baik memanfaatkannya untuk menyicil rumah. Dengan memutuskan untuk mengambil cicilan rumah, maka nantinya gaji setiap bulan akan tersalur ke hal yang lebih positif dan lebih bermanfaat. Dengan menyicil rumah, maka akan lebih bijak dalam menggunakan uang. Ya, menghabiskan gaji untuk kesenangan boleh saja, namun pikirkan juga pemanfaatannya untuk hal positif dan bermanfaat.

·             Menjadi motivasi untuk lebih bekerja keras
Memiliki cicilan rumah tentu akan membuat lebih merasa lebih termotivasi dalam bekerja. Semangat bekerja memang wajar naik turun, namun kita harus bisa mengendalikannya. Nah, dengan adanya cicilan rumah, bisa dijadikan motivasi. Meskipun belum punya pasangan, tetaplah semangat untuk memiliki rumah sendiri. Barangkali dengan modal rumah, kita menjadi lebih percaya diri mencari pasangan untuk teman hidup menghuni rumah tersebut nantinya.

·             Terlihat lebih mapan, terutama di depan calon mertua
Nah, bermodalkan rumah tentu akan lebih membuat teman-teman percaya diri mencari pasangan. Sudah memiliki rumah sendiri meskipun masih mencicil, akan memberikan nilai lebih di mata orang lain. Khususnya laki-laki yang sudah punya gadis pujaan yang ingin dilamar, dengan bermodalkan rumah, maka bisa lebih bisa mengambil hati calon mertua.

·             Bisa mewujudkan rumah impian dengan mendekorasi rumah sendiri
Jika memiliki rumah impian, maka saat ada kesempatan untuk mewujudkannya kenapa tidak segara bukan? Jika memang sudah memiliki gaji tetap, mulai menyicil rumah akan sangat menguntungkan bagi terwujudnya rumah impian. Rumah sendiri, dalam arti bukan rumah orangtua, bisa didekorasi sesuai dengan keinginan dan selera. Sedikit demi sedikit rumah impian akan terwujud. Maka, saat menikah sudah tinggal menempatinya saja.

·             Tidak perlu memikirkan tempat tinggal setelah menikah
Nah, keuntungan membeli rumah sejak usia muda lainnya adalah tak perlu memikirkan lagi di mana akan tinggal setelah menikah. Bisa langsung mengajak pasangan untuk tinggal di rumah yang sudah dimiliki. Jika memang pasangan juga sudah memiliki rumah sendiri maka bisa dijadikan investasi. Atau jika pasangan sudah memiliki tabungan untuk membeli rumah maka bisa dialokasikan untuk impian lainnya, misalnya mobil keluarga?

·             Rumah adalah investasi yang menjanjikan
Jika pun mengabaikan rumah sebagai tempat tinggal setelah menikah, memiliki rumah masih memiliki banyak manfaat. Selain menjadi penyaluran gaji ke hal positif, sebagai motivasi bekerja dan sebagainya, rumah juga merupakan investasi yang menjanjikan. Saat usia masih muda dan masih memiliki banyak energi untuk menghasilkan uang, investasi adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Rumah adalah investasi yang menjanjikan apalagi jika berada di lokasi yang strategis. Misalnya jika Anda masih ingin tinggal bersama orangtua, rumah yang dibeli bisa disewakan. Tentu akan jadi sumber penghasilan lain selain gaji tetap.
Itulah 7 alasan kenapa membeli rumah di usia muda jadi hal yang menguntungkan. Jadi, jika sudah bekerja dan memiliki penghasilan tetap, segeralah putuskan untuk membeli rumah. Jika memang belum sanggup untuk membeli tunai, tentu hal tersebut bukanlah masalah karena masih bisa mencicip. Atau rumah cicilan yang akan dibeli harus didahului dengan DP atau uang muka, sementara uang tidak cukup untuk membayar uang mukanya? Maka itu bukanlah masalah karena Anda bisa melakukan pinjaman tanpa syarat apapun. Ragu dengan adanya pinjaman yang tidak mensyaratkan apapun? Meminjam uang untuk hal yang bermanfaat tak ada salahnya. Apalagi untuk membeli rumah yang memang akan memberikan banyak keuntungan. Selain untuk menyicil, mungkin juga ingin meminjam uang untuk langsung melunasi rumah yang akan dibeli?
Mungkin saat ini sudah memiliki tabungan namun ternyata masih kurang untuk membeli rumah secara tunai. Maka, bisa mendapatkan uang tambahan untuk membeli rumah dari pinjaman. Setelah rumah terbeli, selanjutnya tinggal menyicil pinjaman tersebut. Hal tersebut bisa saja dilakukan, apalagi jika sudah menemukan rumah impian dengan harga dan lokasi yang cocok. Jangan sampai melewatkan kesempatan tersebut dan segera putuskan untuk membelinya.
Untuk melakukan peminjaman uang, kini ada banyak tempat yang menyediakannya. Namun, pilihlah tempat meminjam uang yang terpercaya. Perhatikan besar bunga yang diberlakukan dan perhitungkan seberapa besar uang yang harus Anda bayar. Jangan sembarangan mengambil pinjaman. Pilih juga tempat pinjam uang yang prosesnya tidak berbelit-belit. Teman-teman bisa menemukan tempat pinjaman dana tanpa jaminan proses 1 hari secara online. Untuk meyakinkan Anda tentang tempat pinjam uang ini, Anda bisa melihatnya infonya di platform peminjaman uang online. Silahkan cek dan semoga segera mendapatkan rumah impian serta merasakan berbagai keuntungan memiliki rumah di usia muda.

24 komentar

Memang sebaiknya saat masih muda, bahkan sebelum nikah kudu mikirin masa depan, salah satunya rumah. Saya aja menyesal gak memikirkan hal itu dan baru bisa punya rumah setelah 5 tahun pernikahan. Moga tulisan ini menginspirasi yang lain, terutama yang belum nikah supaya kerja kerasnya gak dipakai foya2 tapi buat dijadikan sesuatu seperti rumah ya mbak TFS

Urusan rumahh, aku baru rencana dan lagi usaha... Bismillah ajah, semoga ada rejeki, aku juga pengen punya rumahh

Iya mbak.. saya denger dari teman yang udah nikah, ternyata banyak banget kebutuhan keluarga...

Aamiin.. iya bismillah.. semoga dipermudah usaha rumahnya mbak..

Wah... bener banget tuh Mbak... paling suka nomor 2, yaitu penyaluran gaji ke hal yg positif, biasa sih kalo masih muda suka menghabiskan uang ke hal2 yang kurang bermanfaat

Setuju banget nih sama poin-poinnya. Beberapa rekan kerja di kantor yang usianya muda juga sekarang mulai berani ambil rumah buat diri mereka sendiri

ini aku lagi nabung buat rumah, sekian persen buat rumah dan sekian persen buat modal ni*ah

Ttg beli rumah lbih cepat ini prnah di anjurkan oleh salah seorang teman saya jg. Tp saat ini blum terbayang krna penghasilan msih pas2an

Betul mbak.
Kl sudah dialokasikan k yg bermanfaat, bisa ngurangin pengeluaran yang tak seharusnya hehe

Iya kalau udah punya rumah lebih tenang. Enggak repot pindahin barang abis kontrakan hehe...

Hihi setuju nih mbak... Smg bs beli rumah cash tanpa nyicil aamiin.

emang bener, rumah adalah investasi yang baik dan menguntungkan. lagi nabung buat beli rumah juga. makin kepingin seusai nikah, kayaknya kalo tinggal di rumah sendiri lbh seru deh..

investasi rumah, tetap akan untung sebab harga bakal naik terus

Setuju banget, especially di poin jadi motivasi positif untuk bekerja keras. Kerja keras untuk menjemput kehidupan mendatang yang mapan, bukan untuk foya-foya masa muda. Thanks for sharing.

betul mbak... saya pas kos aja terasa..3 kali bolak balik mobil..hehe

aamiin Ya Robb... iya mbak..nabuuungyuuuk

iya betul.. harga rumah cenderung naik tiap tahunnya..

sama-sama mbak Grace.. makasih juga sudah mampir..

tpi masalahnya itu loh, duite belum ada Mbak ? bagaimana ini Mbak, tolong donk... ? :)


EmoticonEmoticon