37 Kelengkapan Administrasi Untuk Guru



Beberapa bulan lalu, tepatnya tanggal 29 Maret 2016 kelas saya mengadakan study banding ke SDN 4 Panganjuran Banyuwangi. Ada beberapa hal yang kami pelajari di sana, salah satunya tentang kelengkapan administrasi masing-masing guru.

Mengapa administrasi pembelajaran begitu penting bagi guru? Ini karena guru diharapkan mampu merancang pembelajaran dalam bentuk tertulis sebelum melakukan praktik mengajar di kelas.

Kelengkapan administrasi pembelajaran sangat penting disiapkan guru agar pembelajaran yang dilakukan menjadi menyenangkan, dan mengundang siswa untuk aktif di dalamnya. Guru dan siswa sama-sama belajar.

Administrasi guru di SD ini sungguh luar biasa. Kami berdecak kagum melihat 37 buku yang dimiliki masing-masing guru. Saya ulangi 37 buku! Masing-masing buku memiliki urutan nomor dan warna yang ditentukan oleh atasan. Supeeer...

Apa saja kelengkapan administrasi guru di SDN 4 Panganjuran ini? Cekidot..



1. Program Mingguan
Program mingguan adalah suatu program yang memuat rancangan atau program yang direncanakan untuk pembelajaran.


2. Pemetaan Kompetensi Dasar


3. Silabus dan RPP
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Silabus bisa dikembangkan sendiri sesuai kearifan lokal daerah masing-masing.
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan telah dijabarkan dalam silabus.


4. Kurikulum

5. Daftar Nilai
Nah ini yang sangat wajib harus dimiliki setiap guru yaitu daftar nilai


6. Jurnal Pembelajaran Harian
Jurnal pelaksanaan harian ini biasaya sudah disediakan oleh sekolah. Guru harus mengisi buku ini setiap kali mengajar di kelas.




7. Daftar Hadir Kelas/Absensi Siswa
Presensi harian biasanya sudah disediakan oleh sekolah. Guru hanya mengisi presensi dengan memberikan tanda titik atau centang pada kolom-kolom yang disediakan. Apabila terdapat siswa yang tidak hadir karena sakit maka tulis S, jika ijin maka tulis I, jika tanpa keterangan maka tulis A (alpha).


8. Notulen Rapat





9. Notulen KKG

10. Buku Penerimaan Raport


11. Buku Pengembalian Raport

12. Buku BP




13. Buku Kunjungan ke Wali Murid

14. Daftar Administrasi Kelas

15. Daftar Inventaris Kelas 



16. Buku Keuangan


17. Buku Tugas Khusus Guru

18. Buku Tugas Khusus Siswa






19. Buku Tamu Dinas


20. Buku Tamu Umum


21. Soal Evaluasi/Ulangan

22. Buku Paguyuban









23. Buku Klaper


24. Buku Supervisi Kepala Sekolah



25. Data Prestasi Siswa



26. Bank Data

27. Bank Soal
Bank Soal dibuat dengan sebaik-baiknya dengan mengacu kisi-kisi soal. Guru memberikan bobot pada setiap soal. Ada soal yang berbobot sulit, sedang dan mudah. Soal-soal ujian tersebut dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa.

28. Daftar Peminjam/Pengembalian Buku Pelajaran



29. Buku Rameng Kenaikan Kelas



30. Buku Daftar Hadir Rapat



31. Buku Kasus



32. Buku Kunjungan



33. Buku KKM
Buku ini digunakan untuk menganalisis dan menghitung KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang akan ditetapkan pihak sekolah. Pada umumnya, KKM antara pelajaran yang satu dengan pelajaran yang lain tidak sama.






34. Buku SAS

35. Analisa Soal
Analisis butir soal dapat dilakukan dengan menggunakan software yang terdapat dalam komputer, misalnya Ms Excel

36. Buku Santunan BSM/Buku Kas BSM







37. Buku Kegiatan Ekskul


Administrasi dalam pendidikan yang tertib dan teratur sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan pendidikan. Peningkatan kemampuan ini akan berakibat positif, yaitu makin meningkatnya efisiensi, mutu dan perluasan pada kinerja di dunia pendidikan.

Administrasi suatu lembaga pendidikan merupakan suatu sumber utama manajemen dalam mengatur proses belajar mengajar dengan tertib sehingga tercapainya suatu tujuan terpenting pada lembaga pendidikan tersebut.

Kalau diperhatikan, sebagian besar ditulis tangan. Keren dah! Telaten... Senang sekali dapat mengikuti studi banding ke SDN 4 Panganjuran Banyuwangi. Saya menjadi semakin tahu akan pentingnya administrasi pembelajaran bagi guru.


EmoticonEmoticon