Kunjungan Edukasi ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Mulyoagung

Kunjungan Edukasi ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Mulyoagung

Nasehat “buanglah sampah pada tempatnya” pastinya sering kita dengar. Terngiang-ngiang di telinga dan menggerakan anak-anak serta kita untuk mencari tempat sampah jika ingin membuang sesuatu. Meski masih ada beberapa orang yang dengan tanpa rasa bersalah membuang sampah seenaknya sendiri.
Untuk menumbuhhkan kepekaan anak-anak pada sampah, kami mengadakan kunjungan edukasi ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Mulyoagung. Sebenarnya tak hanya harena ini sih, tapi juga karena tema ini sesuai dengan salah satu tema pelajaran.
Di TPS, setelah mendengar wejangan dari bapak-bapak petugas, anak-anak melihat langsung bagaimana petugas kebersihan mengangkut sampah, memilah sampah, ulat sampah yang besar-besar, proses pembuatan kompos, dan memanfaatkan sampah menjadi lebih bermanfaat.
Jujur pas lihat ulat yang besar-besar itu selesa makan saya berkurang 30%. Nunggu benar-benar lapar baru makan.
Selain itu mereka juga ikut memilah sampah-sampah, memberi makan hewan, dan ada permainan juga. Permainannya yaitu mengumpulkan sampah plastik. Siapa yang mendapat paling banyak sampah plastik akan mendapat hadiap dari pihak TPS.
Bicara sampah, masalah sampah tak hanya butuh kepekaan tapi juga kepedulian. Kepedulian itu dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, misalnya mengurangi penggunaan sampah dan memanfaatkan sampah menjadi barang-barang kerajinan yang berguna. Kerajinan dari sampah merupakan kerajinan yang bisa menjadi alternatif peluang usaha di sekeliling kita. Seperti diketahui sampah merupakan bahan kebutuhan yang banyak dipergunakan dalam kehidupan manusia modern.

Di sini sampah bisa diolah menjadi aneka kerajinan yang memiliki potensi ekonomi yang cukup baik. Missal sampah bawang bisa menjadi lukisan timbul yang memiliki nilai seni, sampah plastik menjadi dompet, pengolahan menjadi kompos, pengelolaan bank sampah, dan lain-lainnya. Peluang usaha kerajinan sampah ini disamping mendatangkan rezeki juga mengurangi polusi akibat sampah plastik. 
mendengar sambutan dan wejangan dari pihak TPS Mulyoagung

Pendampingan dari pihak TPS

aneka sampah plastik

sampah yang belum dipilah

sampah


alat untuk membuat kompos


Bu Adna


pemanfaatan kompos untuk tanaman


pemanfaatan sampah untuk makan ikan


foto bersama anak-anak



lomba mencari sampah


menunggu giliran diperiksa

wajah senang mendapat hadiah



foto bersama. harap maklum foto berantakan, anak-anak..hehhe


15 komentar

Kalau diperlakukan dengan benar, sampah banyak gunanya ya :)

Bgus banget kegiatannya, membuat anak2 sadar betapa pentingnya kebersihan dan daur ulng sampah TFS

Waa..bagusni biar anak gak takut kotor dan bau.

Bagus nih kegiatannya buat anak supaya mereka lebih aware ttg lingkungan

iya.. untuk meningkatkan empati dan wawasantentang sampah...hehhe

bener Mbak.. salah satu tujuannya itu :)

Bagus banget kegiayannya untuk anak2 mb

Waaah bagus banget nih kegiatannya. Mengajarkan sejak dini pada anak-anak utk membuang sampah ke tempatnya. Biar gedenya gak jadi orang yg suka asal buang sampah sembarangan..

Kegiatan bagus nih buat anak. Selain ke zoo, pool, bagus juga anak diajak melihat aslinya tempat pembuangan sampah ya.

mohon doanya bisa istiqomah... :)

iya Mbak..miris kalau liat orang dah besar tapi masih suka buang sampah sembarangan

yuuup... kami ada agenda ke zoo dan pool juga.. :)

Kegiatan yg menarik. Anak jd tahu bagaimana memilah sampah dg benar dan semoga bisa tergerak hatinya untuk selalu membuang sampah pada tempatnya


EmoticonEmoticon