6 Tips Menukarkan Uang Saat Ingin Liburan ke Luar Negeri

Photo: richplum.net

Luar negeri… siapa sih yang tidak kepingin ke luar negeri? Melihat hamparan keindahan alam dan mencari inspirasi di luar negeri tercinta kita, Indonesia.

Ke luar negeri, tentunya butuh persiapan. Buat teman-teman yang berencana traveling ke luar negeri, segala persiapan harus benar-benar matang. Mulai dari mengurus paspor, booking tiket pesawat di Reservasi.com, mengurus visa, hingga mencari penginapan dan transportasi selama di negara tujuan.
Jika tidak mempersiapkan dengan matang sejak dini,  bisa mengalami kesusahan di negeri orang. Apalagi jika tidak memiliki kenalan atau saudara yang bisa membantu kamu selama di sana. Ngeri kan? Apalagi kalau belum fasih dengan Bahasa negara yang kita kunjungi.

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah mempersiapkan mata uang sesuai tujuan destinasi traveling. Rupiah tidak bisa digunakan di luar negeri, kecuali untuk tukar uang sebagai kenang-kenangan.

Selain itu kita harus mengikuti aturan yang berlaku untuk menggunakan mata uang negara tujuan ketika melakukan transaksi di sana. Sudah pasti di negara tujuan kita akan banyak berurusan dengan transaksi menggunakan uang. Jadi pastikan sudah memegang sebagian mata uang negara tujuan bahkan sebelum kamu berangkat.

Untuk mempermudah persiapan keuanga di sana, berikut tips dalam menukarkan mata uang Rupiah ke mata uang asing:

1.      Tukar di Indonesia Saja

Semua negara pasti memiliki money changer. Namun, jika di negara orang akan susah menemukan money changer untuk menukar uangmu. Alangkah baiknya menukar mata uangmu di Indonesia supaya lebih aman. Tukarkan juga uang rupiah ke mata uang dolar AS, karena hampir semua negara bisa menerima penukaran mata uang dolar AS.

2.      Perhatikan Tempat untuk Menukarkan Uang

Usahakan untuk menukarnya di money changer berizin karena jika dibandingkan dengan penukaran valuta asing lainnya, money changer ini akan menawarkan dengan nilai tukar yang paling tinggi.
Jika tidak menemukan money changer berizin terdekat, bisa menukarkannya di bank maupun di bandara. Namun harus tahu ada dua kekurangan ketika menukarkan uang rupiah dengan mata uang negara tujuan di bank maupun bandara.

Dua kekurangan itu adalah bisa jadi nilai tukarnya justru lebih rendah dibandingkan nilai tukar di money changer. Persyaratan lain yang biasanya diminta adalah surat identitas seperti KTP bahkan terkadang NPWP.

Penukaran uang di bandara juga sebaiknya menjadi opsi terakhir untuk menukarkan uang, karena nilai tukar di bandara paling rendah jika dibandingkan dengan tempat penukaran uang lainnya. Jangan kaget jika harus rela kehilangan 20% nilai uang ketika melakukan penukaran di bandara karena mahalnya biaya penukaran menjadi biang keroknya. Sedih kan? Jadi persiapan di depan sangat dianjurkan agar kita tidak rugi.

3.      Tukarkan Uang Secukupnya

Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik. Jadi jika ingin menukar uang, tukarkan uang secukupnya, jangan terlalu berlebihan. Kita harus mengetahui berapa banyak uang yang dibutuhkan di negara tujuan, seperti untuk transportasi, akomodasi, serta kebutuhan makan dan minum sehari-hari.

4.      Riset Harga Terbaik

Tak hanya harus melakukan riset untuk mendapatkan harga tiket pesawat sekarang yang paling murah di mana. Namun sebaiknya kamu juga harus melakukan riset sebelum menukarkan uang, guna membandingkan nilai tukar di satu tempat dengan tempat lainnya.
Perhatikan kurs jual dan kurs beli yang biasanya ditampilkan pada dinding depan tempat penukaran tersebut. Tentu saja harus lebih memperhatikan kurs jual jika ingin menukarkan Rupiah dengan mata uang tertentu. Alangkah baiknya jika memilih tempat penukaran uang yang menawarkan kurs jual paling rendah dibandingkan dengan tempat penukaran uang lainnya.

5.      Jangan Tergiur Rate Murah

Perbedaan nilai tukar rupiah dengan mata uang negara tujuan biasanya lumayan besar, terutama untuk mata uang kuat dunia seperti Dollar dan Euro. Namun jangan pernah tergiur dengan rate yang terlalu murah untuk mata uang tersebut. Ada banyak resiko yang menanti jika kamu nekat tukar uang dengan rate yang terlalu murah dibanding harga normalnya.
Saat membandingkan rate nilai tukar rupiah terhadap mata uang yang diinginkan di berbagai money changer, satu hal yang harus diingatkan: rate hari ini belum tentu sama dengan rate esok hari, bisa turun maupun naik tergantung pergerakan pasar uang dunia.
Maka dari itu ada baiknya menukar rupiah jauh-jauh hari sebelum keberangkatan atau paling tidak selalu aware dengan pergerakan kurs agar kamu bisa melakukan penukaran disaat kurs jual lebih rendah dibanding biasanya.

6.      Tips Menukar Uang Agar kamu Untung

Misalkan mata uang Rupiah, Dollar Australia, dan Euro. Anggap misalkan kurs Rupiah ke Dollar Australia adalah 10.800, kurs Rupiah ke Euro adalah 16.500, dan kurs Dollar Australia ke Euro adalah 0.68.
Apabila perlu menukarkan Rupiah ke Euro dan kamu langsung menukarkannya (misalkan nominal yang ingin kamu tukar Rp16 Juta), maka kamu hanya akan mendapatkan sekitar 969,7 Euro.
Berbeda halnya ketika menukarkan Rupiah ke Dollar Australia lebih dulu lantas menukarkannya lagi menjadi Euro. Perhitungannya sebagai berikut:
Rp16 juta           = 1481,5 AUD
AUD 1481,5 AUD = 1007,4 EUR
Terdapat selisih yang cukup lumayan bukan untuk mendapatkan Euro lebih banyak?
Nah, buat teman-teman yang ingin tahu harga tiket pesawat sekarang paling murah di mana, kamu bisa booking tiket pesawat di Reservasi.com dengan harga terbaik.. Dijamin murah!


13 komentar:

  1. aku belum pernah keluar negeri, ini info keren booo

    BalasHapus
  2. Baca tulisan ini bikin aku teringat kejadian beberapa waktu lalu. Kalau ga salah dia nukar uang untuk mata uang negara China, atau Hong Kong, lupa negara mana. Sampai di negara tersebut, ternyata uang yang dia dapat itu bukan mata uang negara yang dimaksud, tapi negara Taiwan. Jadi dia ga cek pas nukar, langsung ambil saja. Padahal di uang kan ada nama negara ya. Harus teliti kalau nukar uang.

    BalasHapus
  3. Tips yang bagus
    Saat menukar uang memang harus mempertimbangkan yang terbaik dan teliti melihat kurs
    Bukan sekedar rate murah tapi juga kepraktisan saat membawa mata uang asing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hu'um mbak.. ketelitian sangat penting untuk ntuk keamanan.

      Hapus
  4. Tengkyu tipsnya. Emang kyknya lbh enak nukerin di negeri sendiri, buat menghindari scam jg kali ya TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2 mbak.. aku pernah nuker d Singapura.. hasilnya rugi hehe..

      Hapus
  5. makasih tipsnya. aq baru pernah sekali sih, di bank sama di money changer, murahan yg di money changer ya tapi lokasi agak jauh dr rumah

    BalasHapus
  6. saya masih tahap angan2 mau keluar negeri, entah luar negeri mana, dng membaca tips diatas sepertinya menjadi ilmu yg berguna.

    BalasHapus
  7. kalo aku tukar dari indonesia dulu, paling juga selisih dikit kok :D

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.