Pentingnya Software Payroll Karyawan bagi Perusahaan


Umumnya perusahaan menggunakan istilah payroll untuk merujuk penggajian bulanan yang dilakukan kepada karyawan sebagai penunaian hak karyawan selama bekerja di perusahaan. Sementara dari sisi akuntansi, payroll dapat diartikan metode yang dirancang khusus oleh perusahaan dalam menangani penggajian agar lebih efektif dan efisien. Sayangnya pengolahan dan perhitungan payroll secara manual memicu munculnya masalah baru, yaitu kesalahan perhitungan dan input oleh staf HRD yang melakukan payroll. Itulah sebab yang memicu kemunculan software payroll karyawan untuk menangani  masalah tersebut.
Software payroll karyawan didesain dengan sedemikian rupa untuk mengintegrasikan elemen-elemen yang ada dalam penggajian bulanan. Sehingga perusahaan dapat melakukan perhitungan dan pengolahan gaji karyawan meskipun memiliki komponen yang berbeda seperti data kehadiran, lembur, jabatan atau posisi sesuai struktur organisasi perusahaan, dan lain-lain yang masih berkaitan dengan informasi pribadi karyawan.

Kebutuhan Perusahaan atas Software Payroll Karyawan

Software payroll karyawan tidak hanya menjanjikan kemudahan untuk perusahaan dalam melakukan payroll bulanan. Dalam menghadapi perkembangan zaman dan arus kompetisi yang kuat di lingkungan bisnis, perusahaan diwajibkan untuk mampu mengembangkan analisis dan strategi dalam mempertahankan keunggulan kompetitif dan mengelola karyawan sebagai sumber daya manusia yang berharga dalam perusahaan. Kebutuhan akan software payroll yang cocok dan tepat guna bagi perusahaan pun tak terbantahkan. Berikut alasan lain mengapa perusahaan membutuhkan software payroll karyawan:
1. Menjaga keamanan informasi karyawan

Karyawan adalah aset yang bernilai bagi perusahaan dan sudah selayaknya perusahaan menjamin kerahasiaan informasi pribadi karyawan mereka. Penggunaan payroll secara manual membuka celah bagi oknum tertentu untuk “mengintip” informasi pribadi karyawan yang bukan menjadi haknya. Tentu contoh tersebut adalah hal yang tak diinginkan oleh perusahaan mana pun. Software payroll mampu melakukan tugas sesuai yang dilakukan oleh payroll manual sekaligus menjaga informasi pribadi karyawan dengan keamanan dan akses berlapis yang hanya mampu ditembus orang tertentu.


2.  Membayarkan hak karyawan dengan seakurat dan secepat mungkin

Ketidakakuratan dan keterlambatan pada pemberian gaji karyawan akan menumbuhkan trust issues di antara karyawan yang berimplikasi kepada penurunan motivasi dan produktivitas kerja. Payroll software karyawan secara otomatis dan terintegrasi dengan bank yang bekerja sama dengan perusahaan akan menghitung gaji kemudian mentransfernya kepada rekening masing-masing karyawan dengan akurat sebanding dengan jabatan atau posisi karyawan di struktur organisasi perusahaan.

3.   Memicu Perencanaan Pengembangan Karyawan yang Lebih Baik

Tugas administrasi HRD yang cenderung berulang dalam periode tertentu sangat memakan banyak waktu. Tim HRD dapat kehilangan fokus akibat terus terpaku pada tugas administratif yang tak kunjung selesai. Oleh karena itu, software payroll membantu HRD dalam melakukan tugas administratif rutin mereka, sehingga HRD lebih fokus untuk melakukan perencanaan pengembangan karyawan demi produktivitas dan kinerja karyawan yang lebih baik.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa software payroll karyawan menjadi kebutuhan yang sebaiknya dipenuhi oleh perusahaan untuk kinerja proses bisnis dan tim HRD yang lebih bagus. LinovHR adalah jawaban atas kebutuhan perusahaan dalam mendapatkan software payroll yang cocok bagi perusahaan, mengingat kebutuhan dan skala tiap-tiap perusahaan sangat berbeda satu sama lain. Kunjungi laman LinovHR untuk informasi lebih lanjut untuk konsultasi kebutuhan software payroll karyawan yang terbaik. 


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.