Perbedaan Innovation, Discovery dan Invention

Perbedaan Innovation, Discovery dan Invention

Innovation, discovery dan invention tiga kata yang memiliki arti hampir sama. Tiga kata tersebut dalam bahasa Indonesia dapat diartikan “penemuan”, maksudnya ketiga kata tersebut mengandung arti “ditemukannya sesuatu yang baru” baik sebenarnya barang itu sudah ada lama kemudian baru diketahui atau memang benar-benar baru dalam arti sebelumnya tidak ada.  Demikian pula mungkin hal yang baru itu diadakan dengan maksud untuk mencapai tujuan tertentu.  Inovasi dapat menggunakan diskoveri atau invensi.

Ehm.. kira-kira perbedaan tiga kata itu apa?

Yuuk.. kita bahas, kata inovasi dalam bahasa Inggris “innovation” sering diterjemahkan segala hal yang baru atau pembaharuan (S.  Wojowasito, 1972; Santoso S. Hamijoyo, 1996).  Inovasi kadang-kadang juga dipakai untuk menyatakan penemuan, karena hal yang baru itu hasil penemuan.  Kata penemuan juga sering digunakan untuk menterjemahkan kata dari bahasa inggris discovery dan invention.  Ada juga yang mengaitkan antara pengertian inovasi dan modernisasi karena keduanya membicarakan usaha pembaharuan.

Rogers menyatakan bahwa inovasi adalah  “an idea, practice, or  object perceived  as  new  by  the  individual.”  (suatu  gagasan,  praktek,  atau  benda  yang dianggap/dirasa  baru  oleh  individu). Dengan  definisi  ini  maka kata perceived menjadi kata yang penting karena pada mungkin suatu ide, praktek atau  benda  akan  dianggap  sebagai  inovasi  bagi  sebagian  orang  tetapi  bagi sebagian lainnya tidak, tergantung apa yang dirasakan oleh individu terhadap ide, praktek atau benda tersebut.

An innovation is an idea for accomplishing some recognition social and in a new way or for a means of accomplishing some social (Donald P. Ely;1982)

An Innovation is any idea, practice, or mate artifact perceived to be new by relevant unit of adopt. The innovation is the change object. (Zaltman, Duncan; 1977:12)

Untuk jelasnya, pengertian diskoveri, invensi dan inovasi saya umpamakan seperti ini

Diskoveri (discovery) adalah penemuan sesuatu yang sebenarnya benda atau hal yang ditemukan itu sudah ada, tetapi belum diketahui orang.  Misalnya penemuan benua Amerika.

Invensi (invention)  adalah penemuan sesuatu yang benar-benar baru, artinya hasil kreasi manusia.  Benda atau hal yang ditemui itu benar-benar sebelumnya belum ada, kemudian diadakan dengan hasil kreasi baru.  Misalnya penemuan teori belajar, teori pendidikan, teknik pembuatan barang dari plastik, mode pakaian, dan sebagainya.

Inovasi (innovation) ialah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai sesuatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invensi maupun diskoveri.  Inovasi diadakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah tertentu.

Perbedaan Innovation, Discovery dan Invention

Jadi, bisa dipahami inovasi ialah suatu ide,  barang, kejadian, metode,  yang  dirasakan  atau  diamati  sebagai  suatu  hal  yang  baru  bagi  seseorang  atau sekelompok  orang  (masyarakat),  baik  itu  berupa  hasil  invensi  maupun  diskoveri.

Artinya inovasi  menggambarkan  penemuan  yang  dijadikan  untuk  memecahkan  masalah  untuk mencapai  tujuan  tertentu.  Inovasi  diadakan  untuk  mencapai  tujuan  tertentu  atau  untuk memecahkan suatu masalah tertentu. Jadi, inovasi dalam bidang pendidikan adalah inovasi yang  dipakai  untuk  memecahkan  masalah  pendidikan  khususnya  dalam  kegiatan pembelajaran atau untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Lebih jelas bukan? ^_^


EmoticonEmoticon