Manfaat Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

Manfaat Energi dalam Kehidupan Sehari-hari

Ananda Radhitya Pratama

Setiap pagi aku bangun pukul 05.00 pagi,aku dibangunkan alarm. Alarm dapat berbunyi akibat perubahan energi kimia menjadi suara.

Setelah itu aku sholat subuh, kemudian merapikan tempat tidur. Lalu aku mandi. Perubahan yang terjadi adalah energi otot menjadi gerak.

Disaat aku mandi aku mengangkat gayung untuk mengambil air. Kegiatan ini terjadi akibat perubahan energi otot menjadi gerak. Air dapat dijadikan sumber tenaga listrik yang disebut pembangkit listrik tenaga air atau disebut juga PLTA. PLTA di Jawa Timur antara lain PLTA Sengguruh,PLTA Selorejo, PLTA Karang Kates,dll.

Setelah mandi aku sarapan, kemudian aku pergi kerumah nenek menggunakan mobil. Perubahan energi yang terjadi pada mobil adalah energi kimia menjadi gerak.

Pada siang hari aku dijemput ibuku pulang kerumah. Lalu aku menyalakan kipas angin bila aku merasa gerah. Perubahan energi yang terjadi pada kipas angin tersebut adalah energi listrik menjadi energi gerak.

Saat hari mulai gelap aku menyalakan lampu.perbahan energi yang terjadi adalah energi listrik menjadi cahaya dan panas. Kegiatanku dimalam hari antara lain sholat,belajar,membaca Qur’an.

Pada pukul 22.oo aku tidur. Sebelum tidur aku mematikan lampu untuk menghemat energi.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.