2 Cara Membaca Ukuran Ban pada Motor dengan Benar

2 Cara  Membaca Ukuran Ban  pada Motor  dengan Benar

           

2 Cara Membaca Ukuran Ban pada Motor dengan Benar - Ban motor adalah salah satu komponen terpenting yang harus dimiliki oleh sepeda motor. Tanpa adanya ban motor tentu saja sepeda motor tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya.

Karena termasuk dalam komponen penting di sepeda motor, tentu Kita perlu mengenal ukuran ban motor dan saat ini sudah tak terhitung lagi pabrik yang memproduksi ban motor ini yang biasa kita gunakan.

Saat ini ada banyak sekali merk dari ban motor yang dijual di pasaran Indonesia yang dapat kita pilih sesuai dengan ukuran velg dan juga selera kita. Semakin bagus kualitas dari ban motor yang ingin kita beli tentu saja juga semakin mahal harga jualnya.

Hal terpenting yang harus kita perhatikan sebelum membeli ban untuk motor kita adalah kita harus memperhatikan ukuran ban yang akan kita pakai. Dimana ukuran ban tentu saja harus sesuai dengan ukuran velg yang kita pakai.

2 Cara Membaca Ukuran Ban Pada Motor

Kali ini kita akan belajar mengenal ukuran ban pada motor. Dimana jika kita berbicara soal ukuran ban pada motor tentu saja setiap ban yang dikeluarkan memiliki ukuran yang berbeda-beda, dan ukuran tersebut sudah pasti tercantum di ban, tepatnya di permukaan dari ban.

Dalam dunia otomotif terdapat dua jenis kode yang terdapat pada ban motor yaitu kode ban motor metric dan juga kode ban imperial. Walaupun memiliki nama yang berbeda tentu saja pada dasarnya kedua angka itu menunjukkan berapa sih ukuran ban motor yang sedang kita perhatikan tersebut.

Lalu bagaimana cara membaca ukuran ban yang menggunakan kode metric dan juga imperial? Untuk anda yang masih belum paham tentang bagaimana cara membaca ukuran ban, berikut dibawah ini sudah saya sajikan informasi yang sangat bermanfaat anda dalam mengenal ukuran pada ban motor.

1.    Cara Membaca Ukuran Ban Yang Menggunakan Kode Metric

Ban dengan kode metric adalah jenis ban yang paling mudah kita temukan di bengkel-bengkel atau toko otomotif di sekitar kita. Bagaimana cara membaca ukuran ban yang menggunakan kode metric?

Dalam mempelajari kita langsung menggunakan contoh agar mudah untuk dimengerti. Seperti contoh pada kali ini kita menggunakan ukuran 80/90-17. Dimana 80 merupakan ukuran lebar tampak ban dan dalam pembacaan menggunakan satuan milimeter (mm).

Lalu kode kedua yaitu 90 adalah merupakan aspek rasio yang merupakan presentase section width yang dibandingkan dengan tinggi tampak ban ke bibir ban yang di ukur dari sebelah ban.

Berarti jika anda inggi membeli ban dengan tinggi adalah 90% dari 80 yaitu 72mm. Dan yang terakhir yaitu kode 17 yang merupakan diameter velg yang berukuran 17 inchi.

2.    Cara Membaca Ukuran Ban Yang Menggunakan Kode Imperial

Selain ban dengan kode metric, ada juga ban yang menggunakan kode Imperial. Lalu apa bedanya? Bagaimana cara membaca ukuran ban yang menggunakan kode imperial?

Dalam kali ini menggunakan contoh agar lebih memudahkan kita dalam memahaminya yaitu 2.50-17. Kode pertama yaitu 2.50 yang merupakan lebar tampak depan dengan satuan inchi sedangkan kode 17 yang menunjukkan diameter velg yang digunakan untuk ban.

Untuk mengetahui aspek rasionya cukup mudah yaitu didasarkan pada nilai 100% dari section width dengan begitu tinggi ban lebar ban memiliki ukuran yang sama.

Cara Mengenali Ban Dengan Kode Metric

Setelah mengetahui bagaimana cara membaca ukuran ban pada motor yang menggunakan kode metric maupun imperial, terakhir saya akan membagikan informasi kepada anda terkait bagaimana sih cara mengenali ban dengan kode ukuran metric ini.

Sebenarnya sangat mudah untuk mengenali ukuran ban pada motor apakah menggunakan kode metric atau tidak. Dimana ciri-ciri dari ban yang menggunakan kode metric adalah. Menggunakan pinggul ban yang lebih lebar guna membuat pengguna ban lebih nyaman dalam hal untuk menikung pada kecepatan yang tinggi seperti contoh yakni ban balap IRC Razzo.

Cukup sekian berbagai tips yang disampaikan dalam memilih ban yang bertujuan agar anda tidak salah saat hendak membeli ban semoga hal yang disampaikan dapat bermanfaat.

 sumber gambar : https://www.suzuki.co.id/

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.