Penyusunan Silabus Lengkap Dengan Sintaks Model Pembelajaran

Penyusunan Silabus Lengkap Dengan Sintaks Model Pembelajaran

 

Penyusunan Silabus Lengkap Dengan Sintaks Model Pembelajaran - Sebagai guru, kita pasti menyiapkan administrasi pembelajaran sebelum memulai Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Seperti program tahunan (Prota), program semester (Promes), silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan sejenisnya. Karena pembelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang baik. 

Pada postingan kali ini kita akan membahas Silabus. Silabus merupakan seperangkat rencana dan pengaturan tentang kegiatan, pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penilaian hasil belajar. Silabus ini merupakan bagian dari kurikulum sebagai penjabaran Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar ke dalam materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian hasil belajar. Dengan demikian, pengembangan silabus ini minimal harus mampu menjawab pertanyaan sebagai berikut: kompetensi apakah yang harus dimiliki oleh peserta didik, bagaimana cara membentuk kompetensi tersebut, dan bagaimana cara mengetahui bahwa peserta didik telah memiliki kompetensi itu.

Langkah-langkah pembelajaran yang kita persiapkan tentunya disusun dalam bentuk rangkaian kegiatan, sesuai dengan karakteristik model pembelajaran yang dipilih. Jika kita bicara model pembelajaran, di dalamnya terdapat urutan sintaks sesuai. 

Mengapa kita perlu membuat Silabus?

Pentingnya Membuat Silabus.

Silabus, nantinya akan sangat bermanfaat sebagai pedoman bagi pengajar karena berisi petunjuk secara keseluruhan mengenai tujuan dan ruang lingkup materi yang harus dipelajari oleh peserta didik. Selain itu, juga menerangkan tentang kegiatan belajar mengajar, media, dan evaluasi yang harus digunakan dalam proses pembelajaran kepada peserta didik. Dengan berpedoman pada silabus diharapkan pengajar akan dapat mengajar lebih baik, tanpa khawatir akan keluar dari tujuan, ruang lingkup materi, strategi belajar mengajar, atau keluar dari sistem evaluasi yang seharusnya.

Selain itu Silabus juga bermanfaat sebagai panduan bagi pengajar dalam pengembangan pembelajaran lebih lanjut, seperti pembuatan rencana pembelajaran, pengelolaan kegiatan pmbelajaran, dan pengembangan sitem penilaian.

Silabus merupakan sumber utama dalam pentusunan rencana pembelajaran, baik rencana pembelajaran untuk satu standar kompetensi maupun untuk satu kompetensi dasar. Prinsip yang mendasari  pengembangan silabus adalah ilmiah, relevan, sistematis, konsisten, memadai, aktual dan kontekstual, fleksibel, dan menyeluruh.

Contoh Silabus Dengan Sintaks Model Pembelajaran bisa diunduh di

Silabus Tematik Kelas III Tema 4 (doc)

Silabus Tematik Kelas III Tema 4 (pdf)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.