Rak Buku Digital SDN Kebonsari 2 Kota Malang (Pekan Kedua)



Rak Buku Digital SDN Kebonsari 2 Kota Malang (Pekan Kedua)


Membaca dan menulis atau baca tulis merupakan literasi yang dikenal paling awal dalam sejarah peradaban manusia. Seperti ayat pertama Qur'an yang berbunyi "Iqro" yang berarti "baca", kemudian disusul kata "Qalam" yang artinya "pena". Begi pentingnya baca dan tulis, hingga menjadi ayat pertama di Al-Qur'an.

Literasi Baca-Tulis mencakupi keseluruhan literasi dasar karena semua bidang atau literasi dasar lainnnya seperti numerasi, sains, digital, finansial, budaya dan kewargaan juga menggunakan kemampuan membaca dan menulis sebagai kemampuan dasarnya. 

Ada dua fokus dalam kegiatan pengembangan kemampuan literasi baca-tulis, yaitu kegiatan untuk mengembangkan kemampuan membaca dan menulis; dan sekaligus mengembangkan kemampuan isi literasi (bidang kajian atau topik yang ada dalam teks yang dibaca/ditulis).

Untuk kegiatan literasi pekan pertama, siswa dapat memilih buku yang tersedia pada rak buku berikut. 
Dengan langkah: 
1. Membaca minimal 1 buku dalam 1 minggu 
2. Buatlah video review buku tersebut minimal 3 menit, dengan kamera landscape (Jika membaca lebih dari 1 buku, pilih salah satu)
4. Kumpulkan video tersebut ke guru melalui WA paing lambat Sabtu, 23 Oktober 2021

Buku-buku berikut merupakan Buku Bahan Bacaan Literasi dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.