Membuat Mind Map Cerita Rakyat

 

Membuat Mind Map Cerita Rakyat

Membuat Mind Map Cerita Rakyat - Salah satu teknik merangkum yang saya praktikan ke anak didik adalah mind map atau peta konsep. Mengapa mind map? Karena di era modern ini, mind mapping adalah salah satu teknik yang biasa digunakan untuk pembelajaran materi di lingkungan sekolah ataupun kampus.

Mind mapping sendiri merupakan proses memetakan pikiran untuk menghubungkan informasi-informasi yang memiliki korelasi. Umumnya, mind map dibuat di atas lembaran kertas atau papan tulis berdasarkan kreasi serta informasi yang diperoleh si pembuat.

Tujuan teknik mind map adalah agar kita dapat memahami materi yang disampaikan secara komprehensif. Teknik yang menginkorporasikan otak bagian kanan dan kiri untuk menerima berbagai macam ide baru dan berguna untuk menguraikan rincian dari tema tersebut dan memahami konsepnya secara menyeluruh.Top of Form

Meskipun terlihat seperti gambar atau corat-coret biasa, mind mapping adalah sebuah teknik yang memiliki begitu banyak manfaat.

1. Membantu proses pembelajaran

Dengan membuat mind mapping, kita didorong untuk menghubungkan konsep baru dengan pengetahuan yang sebelumnya dimiliki. Jadi akan lebih mudah untuk memahami dan menghubungkan antara satu konsep dengan yang lainnya. 

Nah, hal ini mempermudah proses pembelajaran dengan cara yang tidak berat dan membosankan.

2. Meningkatkan kreativitas

Berdasar penelitian, mind mapping dapat meningkatkan kreativitas. Ketika membuat mind map, kita akan membuat peta bercabang berdasarkan kategori yang ada. Supaya terlihat menarik, biasanya mind map akan diberi gambar atau menggunakan warna yang menarik. Proses pembuatan ini dapat merangsang kerja otak bagian kanan.

3. Meningkatkan pemahaman

Dari beberapa artikel yang saya baca, mind mapping adalah metode yang dapat membantu kita untuk memahami konsep atau permasalahan yang kompleks. 

Tak hanya memahami, metode ini juga dapat membantu kita memecahkan permasalahan tersebut dan sangat bermanfaat ketika diaplikasikan ke dalam proses merangkum materi tertentu


4. Meningkatkan kemampuan mengingat sesuatu yang penting

Membuat mind map dapat memudahkan kita dalam mengingat serta menemukan gambaran utuh dari informasi yang telah didapat. Materi-materi yang telah didapat dari membaca buku atau sumber-sumber lain dikumpulkan menjadi satu menggunakan metode mind mapping.  

Dengan begitu, kita tidak perlu resah jika tiba-tiba lupa pada informasi sebelumnya. Kita akan dengan mudah kembali mengingat hal-hal penting cukup dengan membuka kembali mind map yang sudah dibuat. 

  

5. Mengasah kreativitas dan imajinasi

Berdasar penelitian, mind mapping juga dapat menjadi ajang melatih kreativitas kita dalam menciptakan rangkuman yang menarik. Dengan tampilan yang enak dilihat tentu akan mendorong kita semakin sering membacanya kembali sehingga meningkatkan ingatan pada sebuah pokok bahasan.

Proses ini juga melibatkan daya imajinasi dalam menghadirkan visualisasi untuk kemudahan mencerna materi.  Ia dapat mengasah kemampuan kerja otak karena mapping penuh dengan unsur kreativitas


6. Menghemat waktu dalam memahami informasi

Dengan membiasakan diri membuat mind map, kita akan dengan cepat mempelajari sebuah pelajaran di sekolah atau kuliah. Aktivitas membaca pun takkan jadi sia-sia karena bantuan mind map. Ini menjadi keuntungan karena dapat mempelajari pokok bahasan lain dalam jangka waktu yang cukup singkat.

  

7. Dapat diaplikasikan pada beberapa hal.

Penerapan mind mapping tidak melulu di dunia pendidikan saja atau tak melulu untuk merangkum pelajaran. Kita juga dapat mengaplikasikan metode ini dalam pekerjaan. Mind map akan membantu kita dalam menyusun strategi agar efektivitas kerja dapat terjaga. Pada prosesnya, hal tersebut akan berpengaruh pada hasil akhir dari tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. 

Salah satu contoh aplikasi mind map adalah saat merangkum cerita rakyat kota Malang.

Berikut mind map cerita rakyat yang dibuat oleh murid kelas 3C SDN Kebonsari 2 Kota Malang

 

Muhammad Danish Isham


Ananda Abhinaya Atha

Sifana Putri Aulia

Muhammad Raffaditya Karunia Abyasa

Aqiilah Putri Afif Fahd


Marsha Wily Evandra

Audia Okta Bellia

Rofail Azzam Alfian

Alzam Prawira Ramadhan



Mutia Septi Chifamba

Ibnaty Adeeva Mursani


Nadia Isma Khairani

Mochamad Azril Firmansyah

Syifa Faza Ramadhani 


Muhammad Danish Isham




Shaqilla Khansa Kirani

Mirzania Indah Yolisana



A'ffyzha Hati Asmaradhana


Adskhan Zafaro Yudistira

Muhammad Abrar Atharizz Putra


Metode mind mapping begitu kaya akan manfaat. Tak ada salahnya bila kita menerapkannya mulai dari sekarang. Selamat mencoba dan berkreasi ya ^_^


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya

Diberdayakan oleh Blogger.