Yuk Ketahui Isi Kotak P3K Buat Sekolah!

 


Rumah tak selalu menjadi tempat teraman. Banyak kecelakaan yang terjadi justru ada di dalam rumah, misalnya jari teriris pisau, kaki terantuk furniture hingga lebam, tangan terpercik minyak panas, dan sebagainya.

Begitu pula di sekolah. Sekolah merupakan salah satu tempat utama untuk anak belajar juga bermain. Namun, berbagai aktivitas yang siswa lakukan di sekolah dapat menyebabkan resiko terluka.

Selain padatnya aktivitas di sekolah, tentu saja juga aktif pada kegiatan di luar sekolah seperti perjalanan pulang dan pergi ke sekolah, menuju tempat les, berenang, bahkan bermain dengan temannya di lingkungan rumah.

Untuk itu, mempersiapkan pertolongan pertama juga perlu diperhatikan untuk mencegah luka kecil yang dialami menjadi masalah yang mengganggu berbagai kegatannya di sekolah.

Pentingnya memiliki kotak P3K

Selalu ada resiko yang mengancam Kesehatan dan keselamatan dimanapun. Jika sesuatu terjadi, baik sesepele jari sedikit teriris pisau, maupun yang cukup berbahaya seperti luka bakar yang besar, pertolongan pertama pada kecelakaan harus menjadi prioritas dalam menghadapi resiko keselamatan dan Kesehatan.

Pertolongan pertama pada kecelakaan membantu berfungsi meringankan gejala sebelum mendapatkan perawatan khusus medis di puskesmas, rumah sakit, maupun klinik. Oleh sebab itu, setiap sekolah wajib memiliki kotak P3K.

Selain kelengkapan kotak obat, Sahabat Edu juga harus memperhatikan kondisi kotak P3K. Tempatkanlah obat-obatan dan perlengkapan P3K di kotak yang terbuat dari bahan plastic yang ringan namun kuat dan tahan air. Lalu, sertakan pula nomor-nomor darurat seperti nomor telepon rumah sakit terdekat Bersama dengan peralatan kotak obat di dalam peralatan kotak P3K. Sahabat Edu juga harus menyertakan buku panduan mengenai tata cara penggunaan alat dan obat-obatan yang ada di kotak P3K.

Periksa juga kondisi masing-masing obat dan alat secara berkala, jika ada obat yang sudah kadaluarsa harus segera dibuang dan diganti dengan yang baru.

Simpanlah kotak P3K di tempat yang sejuk dan kering dan juga lokasi yang mudah dijangkau siswa-siswi di UKS. Jangan biarkan siswa-siswi memindah-mindahkan isi kotak P3K. Jadi, harus ada pengawasan yang benar.

Tips mengisi kotak P3K dengan benar

Berikut merupakan beberapa tips terkait bagaimana mengisi kotak P3K yang dapat Sahabat Edu ikuti:

       Gunakanlah kotak kedap air untuk menyimpan perlengkapan P3K. Sahabat Edu bisa menggunakan kantong plastic dengan perekat untuk memisahkan obat-obatan dengan peralatan lain. 

       Letakkan kotak P3K di tempat yang mudah dijangkau, karena kecelakaan kecil kerap terjadi saat melakukan aktivitas.

       Hindari meletakkan kotak P3K di lokasi yang lembab, misalnya dekat dengan kamar mandi. Kondisi yang lembab dapat merusak kondisi obat-obatan.

       Pastikan untuk bisa menggunakan semua peralatan yang ada pada kotak P3K dan mengerti semua kegunaan obat-obatan dan peralatan yang telah disimpan.

       Ajarilah siswa-siswi petugas UKS untuk dapat menggunakan perlengkapan UKS tersebut.

Jika masih bingung dalam menentukan obat-obatan apa saja yang harus dimasukkan di dalam kotak P3K yang sesuai dengan kondisi Kesehatan siswa-siswi, konsultasikan ke dokter terdekat untuk mendapat saran tertentu. Selain itu, selalu periksalah tanggal kadaluarsa obat-obatan di dalam kotak P3K.

Kotak P3K merupakan perlengkapan yang harus tersedia kapan saja dan dimana saja. Termasuk di sekolah. Kotak ini berisi berbagai jenis barang yang akan Sahabat Edu butuhkan untuk penanganan awal terhadap cedera, luka, atau gejala sakit. Barang yang terdapat pada kotak P3K pun beragam, Betadine misalnya. Lantas, apa saja sih barang yang harus ada dalam kotak P3K sekolah selain Betadine? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Isi Kotak P3K Di Sekolah

Pertolongan pertama bertujuan untuk memberikan perawatan darurat dan dukungan hidup pada orang yang mengalami cedera atau luka, serta mencegah kompilasi lebih lanjut. Oleh karena itu, kotak P3K (Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan) sangatlah diperlukan, baik di rumah, kantor, maupun kendaraan pribadi. Isi kotak P3K ini disesuaikan dengan lokasi penyimpanannya, namun umumnya juga tidak jauh berbeda.

Kotak P3K di sekolah biasanya berguna untuk pertolongan pertama pada siswa-siswi yang mengalami luka, luka bakar, cedera seperti terkilir, atau gejala sakit seperti perut mual, pusing, hingga diare. Apa saja isi kotak P3K di sekolah? Berikut penjelasannya:

Perban dan kain kasa gulung

Kain kasa atau perban gulung digunakan untuk membalut luka. Kain ini digunakan apabila luka sudah dibersihkan dengan cairan antiseptic, juga diberi obat larutan povidone iodine.

General care elastic bandage dan peniti

Perban elastis warna coklat ini berguna untuk membalut bagian tubuh yang terkilir.

Larutan povidone iodine untuk disinfektan luka

Betadine merupakan larutan povidone iodine yang bisa Sahabat Edu pilih. Larutan ini berguna untuk desinfektan luka agar tidak terjadi infeksi pada luka tersebut.

Sarung tangan lateks

Sarung tangan ini berfungsi saat merawat luka. Agar tangan tetap steril dan luka terbebas dari bakteri.

Cairan steril untuk membersihkan benda asing pada luka

Cairan ini berupa alcohol. Alcohol berfungsi untuk mensterilkan luka (membersihkan luka). Misalnya siswa terjatuh dan pada bagian kakinya terluka akibat gesekan dengan aspal, nah peran alcohol disini membersihkan luka dari debu dan tanah.

Gunting dan pisau lipat kecil

Gunting dan pisau lipat berguna untuk banyak hal, salah satunya yaitu untuk memotong perban dan kain kasa.

Kapas

Kapas bisa digunakan untuk membersihkan luka. Permukaannya yang lembut dapat membantu proses perawatan luka.

Plester luka

Plester ini digunakan untuk menutup luka dari paparan debu dan polusi. Plester digunakan setelah luka dirawat dan dibersihkan menggunakan disinfektan. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi infeksi.

Salep atau krim antiseptic

Tentu saja sifat dari krim atau salep antiseptic lebih lembut. Sifatnya lebih lembut daripada cairan. Jadi, Sahabat Edu bisa memilihnya untuk menghindari rasa perih berlebih saat mengobati luka.

Minyak kayu putih

Minyak kayu putih sangat banyak manfaatnya. Salah satunya yaitu untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada perut seperti mual, hingga masuk angin. Juga dapat meredakan sakit kepala dan pegal-pegal. Sahabat Edu bisa mengoleskan minyak kayu putih dimana saja. Bahkan, minyak kayu putih juga dapat mengurangi rasa gatal akibat gigitan serangga.

Obat-obatan

Obat-obatan sangat penting keberadaannya. Misalnya obat Pereda nyeri dan demam seperti paracetamol, obat maag, obat flu dan batuk, hingga obat cair Pereda masuk angin.

Thermometer

Thermometer sangat berguna untuk mengukur suhu tubuh jika terjadi gejala demam.

Klim atau gel Pereda luka bakar

Krim aat gel lidah buaya bisa dipilih untuk meredakan kemerahan akibat luka bakar.

Nah, itulah beberapa isi kotak P3K yang harus ada di sekolah. Jangan lupa cek katalog Betadine terbaru di sini ya https://betadine.co.id/. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya

Diberdayakan oleh Blogger.