Zipmex VS Indodax: Mana Yang Lebih Baik?

Zipmex VS Indodax: Mana Yang Lebih Baik?

Zipmex VS Indodax: Mana Yang Lebih Baik? - Sobat Edu, tahu nggak kalau dengan lahirnya cryptocurrency, investasi memasuki babak baru. Instrumen yang sempat kontroversial ini dianggap menghasilkan hasil yang cukup tinggi bila tahu strateginya.

Karena pastinya dalam berinvestasi, ada pilihan marketplace yang harus diperhatikan betul-betul. Beberapa marketplace yang popular di Indonesia tidak lain adalah Zipmex dan Indodax.

Tak hanya Tron atau Tronix atau Tron Coin -mata uang atau aset kripto yang digunakan pada jaringan Tron- mata uang kripto juga menjadi begitu populer. Bahkan di masa ini angka investasi yang tercatat cukup tinggi. Ini tidak lain karena sejumlah mata uang populer yang membawa tren kripto ke arah seperti yang kita tahu sekarang.

Pada tahun 2020, mata uang crypto mengalami lonjakan harga yang signifikan hingga mencapai ratusan persen. Tentu saja ini akan menjadi magnet tersendiri bagi pengembang mata uang ini serta para investor yang gemar menanamkan modal.

Kita tahu kalau mata uang kripto memiliki masa depan yang menjanjikan. Untuk mendukung hal ini, platform jual beli kripto menjadi salah satu faktor yang besar dalam investasi.

Tercatat oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan RI bahwa, aset kripto di Indonesia telah mencapai 12,4 juta pada bulan Februari 2022. Angka ini masih meningkat tajam, yaitu sebanyak 532.102 dari tahun sebelumnya, 2021.

Bila dibandingkan, angka ini berhasil melampaui instrumen investasi lain seperti pasar modal, surat berharga negara (SBN) dan juga reksadana. Sangat menarik bukan?

Bila tertarik untuk berinvestasi di dunia kripto, maka sangat penting untuk memahami platform jual beli asetnya agar kita tidak salah langkah. Berikut ulasan sedikit tentang Zipmex vs Indodax.

Apa Itu Indodax?

Indodax mulai beroprasi pada tahun 2014 dengan nama awal Bitcoin Indonesia. Secara hukum, platform ini berada di bawah naungan PT Indodax Nasional Indonesia. Menurut situs resminya, saat ini telah tercatat member Indodax sebanyak 5,3 juta member yang sudah diverifikasi.

Perusahan ini merupakan platform yang mempertemukan penjual dan pembeli aset kripto di Indonesia. Platform ini juga sudah melayani sebanyak 5,3 juta member dari 80 negara dengan 200 jenis aset kripto.

Dikutip dari Wikipedia, sudah lebih dari 10 juta pengunjung dengan volume trading mencapai Rp. 3 triliun setiap bulannya. Indodax ini sudah dikenal sebagai platform dengan likuiditas tinggi. Bahkan platform ini pernah melantai di posisi keempat sebagai platform marketplace kripto terbaik di dunia menurut ICO Analytics.

Apa Itu Zipmex?

Zipmex sendiri merupakan perusahaan yang fokus pada bursa aset digital lintas yurisdiksi di Asia-Pasifik. Perusahaan ini didirikan oleh Marcus Lim dan Akalarp Yimwilai.

Menurut Wikipedia, perusahaan ini didirikan di Singapura pada tahun 2018 dengan melayani jual beli aset digital dari Bitcoin sampai token endemik seperti Zipmex Token (ZMT).

Perusahaan ini beroperasi di empat negara seperti Singapura, Indonesia, Thailand dan Australia. Perusahaan ini beroperasi sesuai regulasi di masing-masing wilayah.

Di Indonesia sendiri, perusahaan ini terdaftar sebagai PT Zipmex Exchange Indonesia. Selain itu, Zipmex Indonesia sudah teregulasi oleh Badan Pengawas Perdangan Berjangka Komoditi dengan nomor pengumuman No. 477.1/BAPPEBTI.4/PENG/06/2020. Nomor tanda daftar Zipmex Indonesia adalah 001192.01/DJAI.PSE/07/2021 dengan ijin operasi dan pengawasan di bawah Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Zipmex vs Indodax: Mana Yang Lebih Baik?

FYI ya, keduanya telah terdaftar di BAPPEBTI sehingga dua perusahaan ini legal di Indonesia. Tidak seperti Binance yang masih belum memiliki legalitas sehingga tidak dianjurkan di sini.

Sementara untuk jumlah member, Indodax memiliki jumlah yang lebih banyak dari Zipmex dengan angka 5.3 juta berdasarkan situs resminya. Sementara Zipmex tidak mencantumkan berapa jumlahnya.

Untuk aset kripto, Zipmex sendiri menawarkan sebanyak 107 aset kripto yang bisa dipilih. Hal ini meliputi Ethereum, Bitcoin, Tether dan sejumlah koin untuk NFT, DeFi hingga metaverse.

Sementara itu, Indodax menawarkan lebih dari 200 aset kripto.

Lalu mana nih yang lebih baik?

Dari sisi jumlah member yang sudah terdaftar dan juga aset yang diperdagangkan, Indodax memang lebih mendominasi.

Untuk kenyamanan, Sobat Edu bisa sesuaikan dengan fiturnya mana yang paling dibutuhkan.


Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya

Diberdayakan oleh Blogger.