Header Ads

Game Cara Cepat Memahami dan Menghapal Perkalian

 

Game Cara Cepat Memahami dan Menghapal Perkalian

Matematika

Eduinspirasi - Matematika, salah satu pelajaran yang dianggap momok oleh beberapa orang. Padahal kalau kita sudah tahu konsep dan triknya, matematika adalah pelajaran yang menyenangkan.

Perkalian merupakan topik yang sangat penting dalam pembelajaran matematika karena salah satu ilmu yang sangat penting dan berguna dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam menunjang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Mengingat pentingnya mata pelajaran matematika, wajar jika matematika diajarkan sejak dini. Pembelajaran ini dimulai dari sekolah dasar yang nantinya digunakan sebagai landasan untuk jenjang yang lebih tinggi.

Oleh karena itu, dalam upaya mendukung peningkatan mutu pendidikan, pembelajaran matematika sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah dasar harus diupayakan agar matematika betul-betul dikuasai dengan baik.

Hal ini sesuai dengan teori Piaget pada usia sekolah dasar yaitu 7 – 11 tahun anak masa sekolah masih dalam tingkat operasi konkret yang mana anak telah mengetahui simbol-simbol matematis tetapi belum dapat menghadapi hal-hal yang abstrak.

Jadi salah satu keterampilan matematika yang harus dikuasai oleh siswa sekolah dasar adalah kemampuan dalam melakukan operasi hitung khususnya perkalian.

Perkalian itu apa? Ada banyak versi tentang pengertian Matematika. Menurut Auliya (2009:8) perkalian merupakan operasi penjumlahan yang diulang-ulang. Oleh karena itu penguasaan terhadap matematika mutlak diperlukan dan konsep-konsep matematika harus dipahami dengan betul dan benar sejak dini.

Hal ini karena konsep-konsep dalam matematika merupakan suatu rangkaian sebab akibat. Sehingga pemahaman yang salah terhadap suatu konsep, akan berakibat pada kesalahan pemahaman terhadap konsep-konsep selanjutnya. Faktanya, AxB = BxA hanya merupakan kesamaan pada tataran hasil komputasi saja, dan kondisi ini menunjukkan berlakunya sifat pertukaran (komutatif) dalam perkalian bilangan bulat.

Perkalian dasar yang dimaksud adalah perkalian dari dua bilangan yang masing-masing merupakan bilangan satu angka, sedangkan perkalian lanjut adalah perkalian selain perkalian dua bilangan satu angka. Jadi dapat berupa perkalian bilangan dua angka dengan bilangan satu angka, bilangan satu angka dengan bilangan dua angka, bilangan tiga angka dengan bilangan satu angka, bilangan tiga angka dengan bilangan dua angka, dan seterusnya (Marsudi dkk, 2009).

Dalam praktiknya di SD, masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam hal ini dikarenakan kurangnya pemahaman pada perkalian bilangan satu angka yang dipelajari di kelas II. Hal ini menunjukkan pentingnya pemahaman tentang perkalian bilangan satu angka di kelas II, karena menjadi dasar untuk memahami operasi-operasi perkalian lanjut pada kelas selanjutnya.

Selama belajar matematika pengalaman belajar siswa sangatlah penting. Pengalaman tersebut akan membentuk pemahaman apabila ditunjang dengan alat bantu belajar. Dengan demikian alat bantu belajar atau biasa disebut media akan berfungsi dengan baik apabila media tersebut dapat memberikan pengalaman belajar yang bermakna, mengaktifkan dan menyenangkan siswa.

Berikut salah satu contoh permainan agar anak-anak tertarik dengan perkalian



Selain melalui permainan di atas, juga bisa dengan sistem drill. Berikut contoh drill one minute management

Soal bisa didownload di sini



Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya

Diberdayakan oleh Blogger.