6 Cara Merawat Mobil Supaya Lebih Awet - Fauziah Rachmawati | Pendidik dan Penulis

Breaking

Iklan

Selasa, 31 Januari 2023

6 Cara Merawat Mobil Supaya Lebih Awet

6 Cara Merawat Mobil Supaya Lebih Awet

Mobil adalah salah satu kendaraan yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Ini bukan hanya tentang mengemudi, namun mobil juga membutuhkan perawatan. Sebagai pemilik mobil perlu mempelajari cara merawat mobil untuk memastikannya aman, dalam kondisi baik, dan berjalan dengan baik untuk waktu yang lama.

Mobil yang tidak dirawat dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak disukai siapapun. Jika mobil mengalami kerusakan parah maka akan ada  banyak uang yang harus dikeluarkan untuk perbaikan. Jadi, jika Anda tidak ingin ini terjadi, pastikan Anda merawat mobil Anda dengan cara yang baik.

Tips Merawat Mobil Agar Lebih Awet

Apabila Anda tidak ingin mengeluarkan biaya perbaikan yang sangat besar, maka Anda perlu merawat mobil Anda secara rutin. Kerusakan parah dapat terjadi apabila Anda tidak merawat mobil secara rutin. Nah berikut cara merawat mobil supaya lebih awet:

1. Bersihkan Bagian Dalam Dan Luar Mobil Setiap Bulan

Ini sangat penting! Menjaga kebersihan mobil perlu dilakukan seperti Anda menjaga kebersihan kamar Anda. Selain membuat mobil lebih nyaman saat digunakan, mobil yang bersih juga tidak mengundang hewan masuk ke mobil Anda. Untuk membersihkan mobil, Anda dapat melakukan sendiri atau melakukannya di tempat cuci mobil.

Mobil yang tidak bersih pada akhirnya akan menarik kotoran dan kotoran tersebut dapat merusak interior dan eksterior mobil Anda. Dan jika itu terjadi, maka biaya perbaikan akan lebih mahal dan akhirnya tabungan Anda akan terkuras.

2. Ganti Oli Secara Rutin

Oli adalah salah satu cairan yang penting bagi mobil. Setiap merek mobil memiliki pendapat berbeda tentang oli, tetapi sebagian besar ahli setuju bahwa menggantinya secara teratur adalah hal yang baik. Oleh karena itu, untuk menjaga mobil tetap awet, penting untuk mengganti oli secara rutin.

Jika Anda bingung tentang apa yang harus digunakan, maka Anda bisa mengganti oli di toko, karena biasanya lebih mudah mengganti oli di toko daripada melakukannya sendiri.

Mobil Anda membutuhkan oli untuk melumasi mesin Anda, jadi pastikan Anda mengikuti melakukan tips ini untuk memeriksa oli Anda setiap dua bulan sekali. Jika mobil Anda tidak memiliki oli baru, kotoran akan menumpuk dan akhirnya mematikan mesin Anda, sehingga akan menelan biaya yang lebih besar.

3. Periksa Tekanan Ban Anda Setiap Bulan

Ban mobil juga wajib diperhatikan dalam merawat mobil. Tekanan ban yang salah dapat menyebabkan banyak masalah, termasuk kerusakan yang buruk, ketidakstabilan, jarak tempuh bahan bakar yang lebih sedikit, dan tentu saja, ban kempes, jadi periksalah tekanan ban Anda secara rutin.

Mengganti ban mobil akan menelan biaya yang cukup tinggi, sementara pengukur tekanan ban membutuhkan biaya yang lebih sedikit. Jadi, untuk menghemat biaya perbaikan, akan lebih baik jika Anda selalu rutin untuk memeriksa tekanan ban mobil Anda setiap bulan.

4. Ganti Bantalan Rem Secara Rutin

Kita tahu bahwa rem sangat penting dalam perawatan mobil. Anda wajib untuk memeriksa rem mobil sesering mungkin dan dilakukan oleh seorang profesional, karena suara gerinda yang tidak menyenangkan dapat menimbulkan kekhawatiran yang tidak menyenangkan.

Sebagian besar dari pemeriksaan rem adalah bantalan rem, yang menahan hilangnya tenaga rem pada suhu tinggi dan dapat diganti oleh mekanik jika diperlukan.

Jika Anda mengabaikan bantalan rem, ini pada akhirnya akan menyebabkan kegagalan fungsi rem mobil Anda. Rem blong juga dapat menjadi penyebab kecelakaan, jadi akan lebih baik jika Anda memeriksa secara teratur.

5. Merawat Interior Mobil Anda Agar Nilai Jualnya Tetap Tinggi

Kotoran yang memiliki bahan kimia akan menggerogoti bagian-bagian tertentu seperti dasbor kulit atau jok vinil Anda, yang pada akhirnya membuat mobil Anda terlihat seperti tidak terawat. Jika interior mobil Anda tidak terawat maka ini bisa menurunkan harga jual loh?

Interior yang kotor dan tidak terawat dapat menyebabkan Anda kehilangan harga jual tinggi saat Anda mencoba menjual kembali mobil Anda. Yang berarti Anda akan memiliki lebih sedikit uang untuk memimpikan sesuatu yang baru. Menjaga interior mobil Anda tetap bersih bukanlah komitmen yang besar, jadi Anda harus menyelesaikannya.

6. Asuransikan Mobil Anda

Ini sangat penting, kita tahu bahwa asuransi dapat memberikan perlindungan terhadap resiko-resiko apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti pencurian hingga kecelakaan. Jadi sangat penting bagi pemilik mobil untuk memiliki asuransi untuk mobil kesayangannya.

Anda dapat membeli asuransi mobil Garda Oto yang memberikan perlindungan mobil terbaik. Anda dapat memilih jenis pertanggungan Total Loss Only yang menjamin Total Loss Accident + Total Loss Stolen atau Comprehensive yang menjamin Partial Loss + Total Loss.

Nah itulah tips merawat mobil supaya kendaraan tetap nyaman digunakan dan pastinya akan lebih awet. Merawat mobil sangat penting, oleh karena itu pemilik mobil perlu melakukannya secara rutin.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya