Langkah Bisnis IDN Media Hadapi Ancaman Resesi 2023 - Fauziah Rachmawati | Pendidik dan Penulis

Breaking

Iklan

Selasa, 24 Januari 2023

Langkah Bisnis IDN Media Hadapi Ancaman Resesi 2023


Semua sektor bisnis di dunia mulai bangkit dari keterpurukan ekonomi sejak tahun 2020 akibat pandemi Covid. Sayangnya di tahun 2023 ini ancaman resesi masih terus membayangi yang dapat membuat perekonomian belum stabil betul. Perlu adanya strategi supaya lolos dari resesi yang mungkin saja terjadi di Indonesia.

IDN Media sebagai salah satu perusahaan bergerak di bidang media pun berusaha untuk bisa menghadapi ancaman resesi di tahun 2023. Ada begitu banyak terobosan baru yang direncanakan dan diterapkan pada tahun ini.

Apa saja strategi yang sudah dipersiapkan oleh IDN Media? Yuk langsung saja simak.

1. IDN Media Terus Berkomitmen sebagai Media Tech Driven 

Visi IDN Media sendiri adalah untuk bisa terus berkembang sebagai platform media yang berbasis teknologi. Oleh karena itulah selama awal berdiri IDN Media terus berkomitmen pada empat jenis bisnisnya yaitu IDN yang merupakan content platform utama.

Kemudian ada digital media yang terdiri dari unit bisnis IDN Times, GGWP.ID, Duniaku.com, Popbela.com, Popmama.com,  Yummy, dan FORTUNE Indonesia. Sedangkan pada bidang komersial adalah IDN Creative, ICE, IDN Event, IDN Programmatic OOH. Terakhir di bidang hiburan ada IDN Pictures dan JKT48.

2. Terus Membangun Fundamental yang Kuat dalam Bisnis

Selama perjalanan di tahun 2022, IDN Media terus berhasil menghadirkan banyak inovasi bahkan berkembang menjadi perusahaan dengan banyak konten yang digemari. Tidak hanya digemari, semua konten mampu memberikan dampak positif kepada masyarakat Indonesia.

Berdasarkan perjalanan bisnis di tahun lalu, IDN Media sadar bahwa fundamental dalam bisnis harus kuat. Tujuannya untuk bisa menghadapi berbagai faktor eksternal dari perusahaan. Melalui fundamental yang kuat inilah, IDN Media berkomitmen untuk bisa memberikan nilai tambah untuk seluruh stakeholders melalui empat kategori bisnis tadi.

3. Fokus pada Program Live Streaming 

Sesuai dengan hasil riset IDN Research Institute, konten video terutama live streaming lebih disukai oleh Gen-Z. Sebanyak 75% hasil riset membuktikan live streaming berada di urutan kedua setelah konten video. Demi memenuhi kebutuhan tersebut diluncurkanlah IDN Live dengan berbagai macam konten live streaming.

Sebagai perubahan, di tahun 2023 ini IDN Live memiliki banyak fitur baru antara lain live streaming di mana berbagai konten streaming bisa didapatkan. Ada juga UGC Features yang berfungsi untuk memudahkan pengguna menjadi streamers dan menciptakan karya yang kreatif.  

Ketiga adalah fitur redemption yang merupakan peluang besar bagi streamer untuk bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

4. Mengembangkan Ekonomi Kreatif dalam Program ICE

Di bidang bisnis komersial IDN Media terdapat ICE (Indonesia Creative Economy). Sektor ini merupakan platform kreator yang terbesar di Indonesia.  Di tahun 2023, IDN Media juga akan fokus dalam ICE untuk memenuhi kebutuhan konten kreator dalam berhubungan dengan perusahaan atau brand.

IDN Media berencana untuk meluncurkan platform website dalam sektor ICE ini yang mempermudah kolaborasi antara kreator serta brand. Sampai saat ini ICE sendiri memiliki layanan cukup lengkap seperti di bidang trading, marketing, keuangan, brand dan pengembangan produk para konten kreator,

5. Optimis untuk Terus Berkembang di Tahun 2023

Resesi bisa menimbulkan roda perekonomian berubah sehingga banyak sektor bisnis yang mengurangi biaya operasional. Biasanya yang pertama kali terdampak adalah biaya pemasaran yang dampaknya sangat buruk untuk bidang media.

Meskipun hal tersebut mengancam namun IDN Media tetap akan optimis memproyeksikan semua rencana-rencananya. Apalagi Indonesia menurut survei Bloomberg memiliki risiko terdampak resesi lebih rendah.

IDN Media tetap menerapkan prinsip kehati-hatian and terus optimis berkembang di tahun 2023. Langkah hati-hati ini dilakukan agar semua visi dapat tercapai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya