Keajaiban dalam Tubuh Manusia: Mata


Keajaiban dalam Tubuh Manusia: Mata

Keajaiban dalam Tubuh Manusia: Mata

Zaky


Bagian terdepan bola mata yang menerima dan mengatur arah masuknya sinar ke bagian yang lebih dalam disebut kornea. Selanjutnya pupil akan mengatur jumlah sinar yang boleh masuk. Pada lingkungan yang terang, pupil akan menyempit untuk mengurangi sinar yang masuk agar tidak silau. 

Sebalik nya, pada lingkungan yang gelap, pupil akan melebar agar cukup banyak sinar yang masuk sehingga pengelihatan akan lebih jelas. Jika memang sebegini saja kemampuannya, mata memang tidak lebih hebat dari pada kamera murahan.

Keajaiban dalam Tubuh Manusia: Mata
bagian Mata


Walaupun disebut bola mata, bentuknya lebih menyerupai telur ayam, berbentuk kerucut ketimbang mirip bola. Panjang bol;a mata seorang dewasa adalah sekitar 2,5 cm, sehingga tidak melebihi ukuran bola pingpong. 

Setiap bola mata terletak di dalam gua tulang yang bibir atas mulutnya dibentuk oleh tulang dahi dan bibir bawahnya oleh tulang pipi. Kedua tulang ini menonjol keluar untuk melindungi bola mata dari pukulan atau benturan langsung. Ada yang mencoba membandingkan mata dengan kamera. Sebenarnya itu bukan perbandingan yang seimbang, sebab mata jauh lebih rumit dari pada kamera yang tercanggih sekalipun.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.