Brain Academy: Solusi Orangtua yang Kesulitan Membantu Anak Belajar di Rumah

Brain Academy: Solusi Orangtua yang Kesulitan Membantu Anak Belajar di Rumah

 

Brain Academy: Solusi Orangtua yang Kesulitan Membantu Anak Belajar di Rumah 

Hai Sahabat Edu..

Semenjak Pandemi Covid-19 menyapa negeri ini, pemerintah mulai meliburkan sekolah-sekolah di semua jenjang. Mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi. 

Sesuai Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 4 tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19) pada point 2 berbunyi “bahwa proses belajar dari rumah dilaksanakan dengan ketentuan yakni:

(1)    Belajar dari rumah melalui pembelajaran daring / jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pegalaman.

(2)   Bekerja dari rumah dapat difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup antara lain mengenai pandemi Covid -19.

(3)   Aktivitas dan tugas pembelajaran Belajar dari Rumah dapat bervariasi antarsiswa, sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses / fasilitas belajar di rumah.

(4)   Bukti atau produk aktivitas Belajar dari rumah diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna bagi guru tanpa diharuskan memberi skor dengan nilai kuantitatif”.

Belajar dari rumah juga merupakan tujuan pendidikan nasional yang terdapat pada UUD Nomor 20 tahun 2003 pasal 3 yang berbunyi “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, pembelajaran daring maupun luring mulai diterapkan di dunia pendidikan.

Di era new normal, guru dan siswa melakukan kegiatan belajar dan mengajar melalui classroom. Zoom meeting, google meet, WhatsApp dan banyak lagi cara lain yang dilakukan agar dapat berkomunikasi dengan siswa. Berbeda dengan daring, sistem pembelajaran luring merupakan sistem pembelajaran yang memerlukan tatap muka.

Tak terasa ya, lebih dari setahun anak-anak belajar di rumah. Pasti ada suka duka selama belajar di rumah. Tidak semua orang tua mampu mendampingi anak belajar di rumah karena ada tanggung jawab lainnya (kerja, urusan rumah, dan lainnya)

Selain itu siswa kesulitan konsentrasi belajar dari rumah dan tidak ada yang menjelaskan secara langsung seperti di sekolah.

Tak hanya itu, saya mendengar beberapa cerita tentang kesulitan berkomunikasi dengan orang tua sebagai mitra di rumah disebabkan akses komunikasi yang jauh dan jaringan internet tidak stabil. Kesulitan orang tua dalam memahami pelajaran dan memotivasi anak saat mendampingi belajar di rumah. Akibatnya ada peningkatan rasa stress dan jenuh akibat isolasi berkelanjutan berpotensi menimbulkan rasa cemas dan depresi bagi siswa

Solusi Belajar Online Terkini

Karena itulah saat Ruangguru berekspansi dengan menghadirkan produk baru Bimbel online terbaik di Indonesia yang bernama Brain Academy saya hepi sekali. Produk baru ini sangat tepat dengan kebutuhan siswa, tidak hanya berfokus pada hasil belajar pada nilai akademik saja.

Brain Academy juga menawarkan kelas untuk pengembangan soft skills karena sukses di masa depan membutuhkan lebih dari kemampuan akademis.

Tahu nggak Sahabat Edu, Jika kita pilah-pilah artinya secara Bahasa. Brain dalam bahasa Indonesia yang artinya otak, sedangkan Academy dalam bahasa Indonesia disebut Akademi artinya suatu institusi pendidikan tempat menimba ilmu. Jadi secara sederhana Brain Academy bisa diartikan sebagai tempat menimba ilmu untuk kecerdasan otak.

Brain Academy merupakan bimbel yang mengkombinasikan antara bimbingan belajar online dan bimbingan belajar offline, atau gabungan teknologi dengan tatap muka.

Brain Academy: Solusi Orangtua yang Kesulitan Membantu Anak Belajar di Rumah


Ada beberapa fitur-fitur menarik di Brain Academy Online, diantaranya adalah

1.    Kelas Live interaktif dengan Star Master Teacher

Ini nih yang seru, guru pengajar Brain Academy adalah guru-guru sekolah favorit dan juga lulusan – lulusan PTN terbaik di Indonesia. Jadi tidak perlu diragukan lagi nih. Bisa dipastikan para siswa akan berjumpa guru dengan standarisasi tinggi karena juga tetap dilatih dan dilakukan seleksi dengan ketat.

Guru bertugas memberikan laporan kepada siswa, orangtua siswa, atau wali siswa setiap bulan secara daring  mengenai perkembangan belajar siswa di kelas Brain Academy Online. Jadi kita bakal tahu bagaimana perkembangan akademik kita. Tak hanya itu saja, counselor juga dihadirkan untuk setiap siswa dalam membantu menunjang motivasi belajar. Keren kan?

2.    Full modul belajar dikirim ke rumah

Ntar setelah gabung dengan Brain Academy, peserta akan mendapat modul lengkap untuk kegiatan belajar selama 1 tahun dan akan dikirimkan langsung ke rumah.

3.    Belajar via HP atau laptop

Semua materi (video, latihan soal, modul & tryout) bebas akses 24 jam dari HP & Laptop. Jadi buat yang terbiasa belajar saat sepi, tengah malam. Bisa langsung cuz ke Brain Academy tanpa membangunkan orang tua dan guru.

Brain Academy: Solusi Orangtua yang Kesulitan Membantu Anak Belajar di Rumah

4.    Kelas pengembangan soft skill

Kerennya, selain membahas pelajaran sekolah, Brain Academy juga menawarkan paket belajar softskill yang sangat diperlukan untuk kesuksesan di masa depan selain dari kemampuan akademis. Softskill yang bisa dipelajari di Brain Academy adalah critical thinking, teamwork, creativity, communications, leadership, problem solving, dan lainnya.

Kemampuan softskill ini akan sangat mendukung peserta dalam bekerja secara tim, memecahkan masalah, bijak dalam mengambil keputusan yang tepat. Hal berikut pasti sangat dibutuhkan di masa depan terutama untuk dunia karir.

5.    Klinik PR

Ininih yang biasanya orang tua merasa kesulitan. Apalagu kalau buah hati di jenjang SMA. Di Brain Academy, ada klinik PR online dengan master teacher secara eksklusif dalam grup kecil. Jadi bisa tanya jawab secara eksklusif, bisa milih jadwal juga dengan master teacher favorit.

Caranya gimana? Cukup dengan memesan slot klinik PR pada master teachernya sesuai jadwal yang sudah ditentukan sebelumnya. Klinik PR juga bisa berupa klinik UTBK dan klinik Exam kit.

Brain Academy: Solusi Orangtua yang Kesulitan Membantu Anak Belajar di Rumah

6.    Paket bimbel sesuai kebutuhan (Regular, Premium, Elite)

Brain Academy dari Ruang Guru memiliki banyak paket berlangganan. Mulai dari kelas 4 SD sampai kelas 12 SMA. Buat Sahabat Edu yang mau berlangganan bisa memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan. Kuy segera daftar, mumpung ada diskon

Penasaran dimana aja letak Brain Academy Ruangguru?

Brain Academy: Solusi Orangtua yang Kesulitan Membantu Anak Belajar di Rumah


Berikut alamat lengkap Brain Academy di seluruh Indonesia

1.     Kota MalangJl. Bandung No. 14, Klojen, Kota Malang 65111

2.     Kota Surabaya Jl. Kusuma Bangsa No. 74, Tambaksari, Kota Surabaya 60136. 

3.     Kota Bogor: Jln. Sawojajar No. 21-22, Kota Bogor Tengah, Kota Bogor 16121.

4.     Kota Bandung: Jln. Sumatera No. 31, Merdeka, Sumur Bandung, Kota Bandung 40113. 

5.     Jakarta Timur: Raden Inten II No. 66, Duren Sawit, Jakarta Timur 13440. 

6.     Jakarta Barat: Jl. Kemanggisan Raya No. 42/54 C Ruko C&D, Jakarta Barat 11480. 

7.     Kota Semarang: Pandanaran No. 99A, Semarang Tengah, Kota Semarang 50241.

8.     8. Kota Medan: Jln. S.Parman No. 19-21 Blok A, Medan Baru, Kota Medan 20153.

9.     Kota Palembang: Jl. Jend. Basuki Rachmat No. 56 A-B, Kemuning, Kota Palembang 30127.

10. Kota Pekanbaru: Jl. Mustika No. 45, Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru 28111.

Buat Sahabat Edu yang tertarik untuk mendaftar di Brain Academy dari Ruangguru, bisa datang langsung ke lokasi. Cari lokasi yang terdekat dengan daerah tempat tinggal Sahabat Edu.

Sahabat Edu juga bisa mendaftar langsung di aplikasi Ruangguru. Untuk panduannya silahkan Untuk mengetahui informasi lebih lengkap tentang Brain Acedmy, silahkan kunjungi halaman situs resmi di sini https://www.brainacademy.id/

Semoga Brain Academy dari Ruang Guru bisa menjadi solusi orangtua yang kesusahan dalam membantu anak ketika PJJ. Sehingga hubungan orang tua dan anak jadi lebih harmonis.

Harapan kita semua walaupun Pandemi Covid-19 sedang melanda negeri ini, tujuan Pendidikan Nasional tetap bisa dilaksanakan, guru tetap melaksanakan kewajibannya dan siswa tetap mendapatkan haknya dengan cara daring ataupun luring. Semoga pandemi covid -19 ini segera berakhir sehingga guru dan siswa dapat bertatap muka kembali. Aamiin

19 komentar:

  1. Iya bener, programnya ngebantu banget nih buat para ortu yang ngedampingin anaknya belajar. Bukan cuma siswanya aja. Dan sudah ada cabangnya 10 tersebar di Indo ya.

    BalasHapus
  2. Ini sih solusi banget Brain Academy selain fitur2nya di atas yang berkualitas ternyata Brain Academy juga menawarkan kelas untuk pengembangan soft skills, menarik banget ini karena sukses di masa depan membutuhkan lebih dari kemampuan akademis.Setuju banget!!

    Semoga belajar onlen melalui brain academy ini, setidaknya membantu buat mamak2 yang mempunyai anak yang PJJ, no drama2 lagi yaa!

    BalasHapus
  3. in my case, anak - anak memang terasa sulit untuk berkonsentrasi saat belajar di rumah yang ambience dan suasananya berbeda dengan saat di sekolah

    BalasHapus
  4. belajar saat pandemi ini memang penuh tantangan ya mbak
    misalnya PR yg kadang terlalu sulit karena anak kurang memahami pelajaran
    Beruntung ada Brain Academy ini, ada klinik PR yang bisa membantu anak anak mengerjakan PR nya

    BalasHapus
  5. Iya mba aku juga alami stress dan jenuh buat ngajarin anak-anak apalagi anaknya sendiri juga pastinya bosen dengan cara ngajar aku yang galak wkwkwk butuh banget nih kayak brain academy gini,.aku suka sama fitur pengembangan softskillnya nih

    BalasHapus
  6. Kelas pengembangan dirinya keren nih.
    Semuanya dibutuhkan anak-anak milenia. Bagaimana berpikir kritis, komunikasim kepemimpinan, dan problem solving.
    Bisa banget nih direkomendasikan ke orang tua yang masih punya anak sekolah.

    BalasHapus
  7. Menarik sekali fitur-fitur dari Brain Academy ini, solusi belajar onine buat anak-anak selama PJJ. Anak-anak bisa belajar soft skill juga di sini ya. Komplit sekali! Membantu banyak buat anak-anak untuk lebih cepat memahami materi, orang tua juga pastinya jadi gak terlalu rempong harus mengajari anak :D

    BalasHapus
  8. Ternyata di Barin Academy ini juga membrikan modul belajar secara full yang dikirim ke rumah ya.

    Ini poin plus dan sangat menarik, jadi saat menyimak materi pembelajaran via gadget ada materi hard copy yang bisa disimak, sehingga pemahamannya bisa lebih lengkap

    BalasHapus
  9. Paling suka soal soft skill nya itu. Ciri khas Brain Academy sepertinya ya. Jadi anak ga cuma matang di kemampuan akademis tapi juga soft skill nya agar lebih bisa bermanfaat bagi masyarakat

    BalasHapus
  10. Aku pengen daftar juga nih mbak kayaknya materi bisa membantu anak belajar di rumah dengan lebih menyenangkan dan materinya lebih mudah dipahami..

    BalasHapus
  11. Hadirnya Brain Academy ini memang membantu sekali nih selama PJJ, anak senang belajar, ibu pun bahagia.

    BalasHapus
  12. Keren sih programnya ruang guru sama brain academy ini.. Sesuai banget sama kebutuhan anak jaman now ya..

    BalasHapus
  13. Informatif sekali...
    Aku jadi ingat kalau kemarin baca profil mengenai Brain Academy dan mulai ambil ancang-ancang untuk ikutan agar bisa membantu belajar anak-anakku, terutama kini saat semuanya serba online.

    Dan asik banget yaa...
    Ada kantor offlinenya. Kira-kira kalau sudah gak pandemi, apakah Brain Academy juga buka kelas kursus untuk anak-anak secara offline?

    BalasHapus
  14. Brain academy ini sangat solusi banget ya apalagi di kondisi seperti ini meningkatkan skill kepada anak itu sangat penting banget buat kedepannya di masa depannya nanti

    BalasHapus
  15. ini interaktif banget anak2 betah! mau lanjut lagi gak memungkinkan, akhirnya downgrade ke ruangbelajar yang gak kalah bagusnya

    BalasHapus
  16. Kebetulan anak saya kelas 5 dan sedang bersiap menghadapi AKM nasional. Beberapa waktu yang lalu saya juga coba cek Brain Academy barangkali programnya cocok dan ternyata emang lengkap banget. Ya emang solusi banget buat ortu yg gak bisa in charge ngajarin anak terus.

    BalasHapus
  17. Seneng banget, sih, Ruangguru ketika pandemi datang langsung bikin banyak sekali inovasi belajar. Salah satunya dengan Brain Academy, yang bukan hanya membantu secara akademik, tetapi juga anak-anak bisa belajar mengembangkan diri. Semoga bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya, ya, Mak.

    BalasHapus
  18. Ruang guru memiliki fitur yang lengkap dan Anak terbantu sekali dengan adanya
    program pembelajaran jarak jauh

    BalasHapus
  19. Beneran jadi solusi orangtua ya, terutama saat pjj begini. Apalagi banyak juga kelebihan lainnya dari brian academy kayak anak bisa mengembangkan hobbynya dan berkomunikasi dengan banyak teman

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.