PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK

 

PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK

PERKEMBANGAN KEPRIBADIAN ANAK

 Pengertian Kepribadian

Kepribadian (personality) adalah suatu istilah yang mengacu pada gambaran-gambaran sosial tertentu yang diterima oleh individu dari kelompoknya atau masyarakatnya, kemudian individu tersebut diharapkan bertingkah laku berdasarkan atau sesuai dengan gambaran sosial (peran) yang diterimanya itu (Sjarkawi, 2008 :17)

B.      Tipe – tipe Kepribadian

Menurut Paul Gunadi dalam Sjarkawi (2008 : 11) pada umumnya terdapat lima penggolongan kepribadian yaitu

1.     Tipe Sanguin

Ciri-ciri tipe Sanguin antara lain memiliki banyak kekuatan, bersemangat, mempunyai gairah hidup, dapat membuat lingkungannya gembira dan senang.

2.     Tipe Flegmatik

Seseorang yang masuk tipe ini memiliki ciri antara lain : cenderung tenang, gejolak emosinya tidak tampak, misalnya dalam kondisi sedih atau senang sehingga turun naik emosinya tidak terlihat secara jelas. 

3.     Tipe Melankolis

Seseorang  yang termasuk tipe ini memiliki ciri : terobsesi dengan karyanya yang bagus atau paling sempurna, mengerti estetika keindahan hidup, perasaannya sangat kuat, dan sangat sensitif. atau tertawa.

4.     Tipe Kolerik

Ciri orang yang mempunyai tipe kepribadian ini adalah cenderung berorientasi pada pekerjaan dan tugas, mempunyai disiplin yang kerja yang sangat tinggi, mampu melaksanakan tugas dengan setia dan bertanggung jawab.

5.     Tipe Asertif

Seseorang yang termasuk tipe ini memiliki ciri antara lain mampu menyatakan pendapat, ide dan gagasannya secara tegas, kritis, tetapi perasaannya halus sehingga tidak menyakiti perasaan orang lain.

C.     Perkembangan Kepribadian Anak

1.     Perkembangan Kepribadian Masa Kanak-kanak (2-6 tahun)

Masa ini biasa disebut masa Trotzalter yaitu periode perlawanan atau krisis pertama. Pertentangan antara kemauan diri dan tuntutan lingkungannya, dapat mengakibatkan ketegangan pada diri anak, sehingga tidak jarang anak meresponnya dengan sikap membandel atau keras kepala .

2.     Perkembangan Kepribadian Masa Sekolah Dasar

Tahap ini berlangsung sejak usia 6 tahun hingga sekitar 11 tahunan.Pada anak sangat aktif mempelajari apa saja yang ada di lingkungannya. Hambatan atau kegagalan dalam mempelajari berbagai pengetahuan tersebut dapat menyebabkan anak menjadi rendah diri.

3.     Perkembangan Kepribadian Masa Remaja (12-20 Tahun)

Merupakan fase perkembangan individu yang sangat penting yang diawali dengan matangnya organ-organ fisik (seksual) sehingga mampu bereproduksi (Yusuf, 2009 : 184).

4.     Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepribadian

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian adalah faktor internal ( merupakan faktor genetis atau bawaan) dan faktor  eksternal merupakan faktor yang berasal dari lingkungan seseorang yang meliputi : fisik, intelegensi, keluarga, teman sebaya dan kebudayaan

KOMENTAR:

Kepribadian dalam diri seseorang tidak dieproleh melalui genetic atau pewarisan. Terlihat dalam satu keluarga dimana kakak, adik, ayah, ibu memiliki kepribadian yang berbeda satu sama lain. 

Kepribadian diperoleh melalui lingkungan, interaksi dengan individu lain. Orang tua, guru, teman, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah memiliki andil dalam pembentukan kepribadian dlaam diri individu. 

Dari keseluruhan itu factor orang tualah yang memberikan andil besar, orang tua menjadi model bagi anak. Bagaimana cara orang tua memperlakukan anak, bagaimana komunikasi anak, keharmonisan dalam keluarga.

 Link Tulisan Perkembangan Anak

Perkembangan Fisik Anak

Perkembangan Kognitif Anak

Perkembangan Sosial Anak

Perkembangan Emosi Anak

Perkembangan Moral Anak

Perkembangan Bahasa Anak

Perkembangan Kepribadian Anak

Perkembangan Motorik Anak

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.