PERKEMBANGAN FISIK ANAK

PERKEMBANGAN FISIK ANAK

 

PERKEMBANGAN FISIK ANAK - Pengertian Perkembangan Fisik

Perkembangan fisik/tubuh seseorang terjadi karena pertumbuhan dan perkembangan tulang, system saraf, sirkulasi darah, otot, serta berfungsinya hormon. Perkembangan fisik peserta didik usia SD/MI meliputi pertumbuhan tinggi dan berat badan, perubahan proporsi atau perbandingan antar bagian tubuh yang membentuk postur tubuh, pertumbuhan tulang, gigi, otot dan lemak. Secara langsung, pertumbuhan dan perkembangan fisik anak akan menentukan keterampilan anak bergerak. Secara tidak langsung, pertumbuhan dan perkembangan fisik akan mempengaruhi cara anak memandang dirinya sendiri dan cara anak memandang orang lain, yang berdampak lebih lanjut dalam melakukan penyesuaian dengan dirinya dan orang lain.

Perubahan Fisik

Anak Paud

Anak SD

Anak SMP

    Tinggi badan rata-rata masa anak-anak awal bertambah 2,5 inci (kurang lebih 6-7 cm) dan berat badan bertambah 2,5 – 3,5 kg setiap tahun.

    Pada usia 3 tahun tinggi anak sekitar 81-82 cm dengan berat badan 16-17 kg

    Pada usia 5 tahun tinggi anak sekitar 93 – 94 cm dengan berat badan 21-22 kg

 

    Berat badan antara 30 – 40 kg

    Tinggi badan berkisar antara 115 – 150 cm

    Pada saat usia 10 tahun berat otak satu perdelapan belas berat tubuh (Elizabeth B. Hurlock. 2005)

    Pada usia 10 tahun telah mempunyai 14 sampai 16 gigi susu.

 

    Meningkatnya ukuran penis, testis dan payudara

    Keluarnya rambut kemaluan

    Perubahan sedikit pada suara

    Terjadinya ejakulasi dan menstruasi

    Pertumbuhan berat badan dan tinggi badan

 

Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan fisik anak yaitu genetic, asupan gizi dan lingkungan.Beberapa hambatan yang mempengaruhi perkembangan fisik anak yaitu kecelakaan/cidera, kegemukan (obesitas), penyakit dan cacat jasmani.

Implikasi perkembangan fisik pada pembelajaran bisa dilakukan dengan memahami dan menguasai keterampilan fisik yang diperlukan dalam permainan dan aktivitas fisik, serta membangun hidup sehat mengenai diri sendiri dan lingkungan.

 

KOMENTAR:

Perkembangan fisik megacu pada fisiologis (ukuran tubuh). Tumbuh dan berkembang sesuai dengan pertambahan usia, dan tentunya untuk masing-masing umur memiliki standar minimal ukuran perkembangan fisik. Hal yang harus diperhatikan dalam pertumbuhan fisik adalah asupan gizi. 

Pemberian gizi yang baik dan seimbang akan mendukung pertumbuhan fisik yang optimal. Seperti zat kalsium, protein, fosfor, dll yang sangat abgus untuk pertumbuhan tulang. Ditambah dengan aktivitas seperti olahraga akan semakin mendukung keoptimalan perkembangannya. 

Salah satu aplikasi/upaya perkembangan fisik adalah adanya mata pelajaran olahraga. Mata pelajaran ini memang melibatkan aktivitas fisik pada anak. Dewasa ini terjadi pergeseran kebiasaan karena pengaruh tekhnologi. Normalnya anak sampai usia smp memiliki kecenderungan bermain, aktif dalam permainan yang melibatkan fisik. 

Akan tetapi, adanya gadget membuat mereka hanya asyik bermain dengan “game” di gadget, salah satu dampak yang ditimbulkan adalah kegemukan atau obesitas. Obesitas ini terjadi karena asupan gizi yang masuk tidak sesuai dengan energy yang digunakan, sehingga lebih banyak energi yang tidak terpakai. Anak cendeung malas untuk bergerak karena mereka asyik dengan gadget mereka sendiri. Perkembangan fisik yang terhambat juga akan berpengaruh dalam proses belajar pada diri siswa.

 

Link Tulisan Perkembangan Anak

Perkembangan Fisik Anak

Perkembangan Kognitif Anak

Perkembangan Sosial Anak

Perkembangan Emosi Anak

Perkembangan Moral Anak

Perkembangan Bahasa Anak

Perkembangan Kepribadian Anak

Perkembangan Motorik Anak

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.