PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK

PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK

PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK

 

A.    Pengertian Perkembangan Kognitif

Husdarta dan Nurlan (2010: 169) berpendapat bahwa perkembangan kognitif  adalah  suatu  proses  menerus,  namun  hasilnya  tidak  merupakan sambungan  (kelanjutan)  dari  hasil-hasil  yang  telah  dicapai  sebelumnya.   Hasil-hasil tersebut  berbeda  secara  kualitatif  antara  yang  satu  dengan  yang lain.

B.    Teori-teori Kognitif

            Ada tiga teori kognitifyang paling penting adalah teori perkembangan kognitif Piaget, teori kognitif sosiobudaya Vygotsky, dan teori pemrosesan informasi.


C.    Perkembangan Kognitif dari Masa ke Masa

Perkembangan Kognitif di Masa Bayi, Skema bayi dibangun dengan tindakan-tindakan sederhana yang ditampilkan terhadap objek-objek seperti menghisap, melihat dan menggenggam. Perkembangan kognitif di masa anak-anak awal masuk ke dalam tahap praoperasional (preoperational stage). Tahap ini berlangsung dari usia 2 hingga 7 tahun, dalam tahap ini anak mulai merepresentasikan dunia dengan menggunakan kata-kata, bayangan, dan gambar. Mereka membentuk konsep yang stabil dan mulai bernalar. Pada saat yang bersamaan, dunia kognitif anak kecil didominasi oleh egosentrisme dan keyakinan magis. Karakteristik anak- anak pada tahap operasional konkret adalah pada tahap ini, anak-anak dapat melakukan operasi konkret, mereka juga dapat bernalar secara logis sejauh penalaran itu dapat diaplikasikan pada contoh-contoh yang spesifik atau konkret. Masa remaja adalah suatu periode kehidupan di mana kapasitas untuk memperoleh dan menggunakan pengetahuan secara efisien mencapai puncaknya. Piaget mengemukakan bahwa pada masa remaja terjadi kematangan kognitif, yaitu interaksi dari struktur otak yang telah sempurna dan lingkungan sosial yang semakin luas untuk eksperimentasi memungkinkan remaja untuk berpikir abstrak.Piaget menyebut tahap perkembangan kognitif ini sebagai tahap operasi formal.

 

D.    Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif

Menurut Ahmad  Susanto  (2011:  59-60)  faktor-faktor    yang  dapat mempengaruhi  perkembangan  kognitif  antara lain: Faktor hereditas/keturunan, lingkungan, kematangan, pembentukan , minat dan bakat, dan  kebebasan


E.    Hambatan yang Mempengaruhi Perkembangan Kognitif

Dalam perkembangan kogntif, dapat juga terjadi hambatan yang mempengaruhi perkembangan anak : Kelambanan perkembangan otak yang dapat mempengaruhi kemampuan bermain dan belajar di sekolah serta penyesuaian diri dan sosial anak,

 Upaya Pengembangan Perkembangan Kognitif

Implikasi dalam pembelajaran adalah penggunaan pendekatan konstruktif, Melakukan pembelajaran fasilitatif, Pertimbangan pengetahuan anak dan tingkat pemikiran mereka, Gunakan penilaian yang berkesinambungan, Tingkatkan kesehatan intelektual murid, Ubahlah ruang kelas menjadi ruang untuk eksplorasi dan penemuaan.

 

KOMENTAR:

Kognitif mengacu pada kemampuan berpikir. Ini merupakan ranah utama yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Kedudukannya memiliki arti paling penting diantara ranah lain, apabila dihubungkan dengan tujuan pendidikan. 

Ketercapaian perkembangan ranah ini dilihat dari kemampuan anak dalam menguasai materi pembelajaran dan diwujudkan dalam bentuk nilai angka.. Banyak ahli yang melakukan penelitian tentang perkembangan kognitig ini seperti Piget, Bruner, Ausubel, dll. 

Peran guru san orang tua adalah pengoptimalan perkembanagan kognitif dari masing-masing tahapan sehingga tercipta kemampuan kognitif yang baik dan semakin meningakt dari waktu ke waktu sesuai dengan tahap perkembangan. 

Dimulai dengan menghadirkan hal konkret (kontekstual), kemudian semi konkret (gambar) dan simbolik. Pembelajaran active learning, konstruktivisme, inquiry-discovery merupakan bebrapa pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan perkembanagan kognitif. 


Link Tulisan Perkembangan Anak

Perkembangan Fisik Anak

Perkembangan Kognitif Anak

Perkembangan Sosial Anak

Perkembangan Emosi Anak

Perkembangan Moral Anak

Perkembangan Bahasa Anak

Perkembangan Kepribadian Anak

Perkembangan Motorik Anak

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.