Macam-Macam Permainan Anak Dunia

 


Macam-Macam Permainan Anak Dunia - Hai Sahabat Edu, siapa disini yang masih suka merindukan masa kecil? 

Masa dimana pikiran belum terdistrak dengan banyak kegiatan dan kebutuhan, benarkan? Dan belum lagi, saat ini banyak hal yang telah hilang karena perubahan zaman.

Misal hal kecil seperti permainan anak-anak. Apa yang dimainkan anak-anak sekarang pun juga berbeda dengan apa yang kita mainkan dulu.

Bicara tentang permainan anak-anak, pernah nggak sih berpikir siapa yang pertama kali mencetuskan jenis-jenis permainan ini? Apalagi kita tau hampir di seluruh Indonesia terdapat berbagai jenis permainan anak. Baik permainan anak tradisional maupun modern. Adapun permainan tradisional di setiap daerah memiliki nama yang unik dengan bumbu-bumbu peraturan permainan yang berbeda-beda pula.

Ternyata beberapa permainan yang pernah kita mainkan ketika kecil ada sejarahnya loh. Berikut akan membahas beberapa sejarah permainan anak yang masih kita temui saat ini.

  1. Kelereng

Benda kaca berbentuk bulat berwarna warni ini pernah menjadi primadona di zamannya. Meskipun saat ini keberadaannya tidak seeksis zaman dulu, tapi masih diminati anak-anak terutama di daerah pedesaan.

Jika ada musim di luar negeri ada musim dingin, musim salju dan lainnya. Maka di Indonesia ada musim mangga, musim durian, musim wayang hingga musik kelereng hehehe. Yap betul jadi permainan ini termasuk permainan musiman. Tergantung arah angin hehehe.

Ternyata sebelum berbentuk seperti sekarang dan terbuat dari kaca, kelereng telah ada di Mesir sejak tahun 300 SM loh. Awalnya terbuat dari tanah liat atau batu. Abad ke 16 - 19 permainan ini mulai populer di Eropa, Amerika hingga Asia. Dan bentuknya yang terbuat dari kaca mulai di kembangkan pada tahun 1864 di Jerman yang berbentuk seperti permen hingga kemudian populer hingga sekarang.

 


  1. Tangram

Siapa yang tidak kenal permainan satu ini. Konon katanya permainan ini telah ada sejak dinasti Song di Tiongkok. Permainan ini kemudian  dibawa ke Eropa pada Abad ke 19

Oleh kapal dagang dan sempat booming dalam beberapa waktu hingga akhirnya kembali booming ketika perang dunia 1.

 

Tangram berbentuk puzzle dengan potongan sejumlah tujuh buah yang nantinya akan membentuk pola. Selain sebagai alat permainan dan permainan ini juga dianggap berbagai tes psikologi dasar karena berhubungan dengan ketelitian dan juga warna.

  1. Layang-layang

Musim panas adalah waktu yang paling tepat untuk bermain layangan. Tak hanya di desa, di Kota pun kita bisa melihat layangan menari di udara.

Meskipun tak banyak lapangan bermain sering kita jumpai anak-anak bermain dari halaman rumah bahkan tak jarang ada yang bermain dari balkon hingga atap rumah. Hmm tentu perlu hati-hati ya, karena ketika bermain tentu harapannya agar hati menjadi senang tapi jika terjadi hal yang tidak diinginkan karena tidak hati-hati maka beda lagi ceritanya.

Tak hanya di Indonesia, ternyata permainan layang-layang telah ada di negara Cina sejak 2500 SM. Permainan ini kemudian menyebar ke Barat hingga kemudian menjadi populer di Eropa. Indonesia sendiri memiliki peninggalan berupa lukisan gambar layang-layang di gua pada masa periode mesolitik bertempat di pulau Muna Sulawesi Tenggara sekitar 9500-9000 tahun SM.

Selain sebagai alat permainan, layang-layang juga memiliki fungsi lainnya, seperti sebagai penunjang kegiatan ritual budaya, alat bantu memancing ikan, alat bantu menangkap kalong atau kelelawar hingga pernah digunakan oleh Benjamin Franklin dalam percobaan untuk membuktikan bahwa petir membawa muatan listrik.



Ketika zaman berubah, ada hal yang pada dasarnya sama tapi dikemas dalam bentuk yang berbeda. Salah satunya dalam hal permainan anak-anak. Bagi anak-anak atau teman-teman yang ingin bernostalgia dengan permainan anak di zaman dulu, bisa diobati dengan mengunjungi situs permainan anak di http://plays.org karena jenis permainan ini diadopsi dari berbagai permainan anak yang ada di Indonesia dan juga dunia. Jadi bisa nostalgia versi modern hehehe.

Macam-Macam Permainan Anak Dunia

Web ini memiliki ratusan game gratis yang tersedia tanpa perlu mendownload aplikasinya. Cukup buka webnya lalu pilih permainannya. Meskipun prosedur bermainnya menggunakan bahasa Inggris, Sahabat Edu tidak perlu khawatir. Karena arahannya dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang memudahkan kita memahami maksud penggunaannya.

Game ini juga dilengkapi dengan suara atau musik yang sesuai dengan jenis permainan. Jadi kalau permainannya membutuhkan konsentrasi penuh maka musimnya lebih tenang dan santai sehingga kita bisa berpikir lebih fokus.

Gamenya dibagi dalam banyak kategori hingga puluhan kategori. Adapun kategori permainannya adalah sebagai berikut:

  1. Puzzle

Nah tekniknya hampir sama dengan permainan puzzle umumnya di dunia nyata. Uniknya puzzle yang ditawarkan tidak hanya satu jenis. Terdapat lebih dari 10 jenis permainan puzzle. Diantaranya 3D Tangram puzzle game, 2048, blue Block dll

 

  1. Solitaire

Solitaire cocok buat Sahabat Edu yang suka bermain kartu online. Sama seperti sebelumnya jenisnya pun sangat banyak. Karena mengadopsi dari permainan yang ada di dunia seperti Mahjong yang berasal dari Cina, spider solitaire dan banyak lagi.

 

  1. PinBall

Teknik bermainnya hampir mirip kelereng dengan berbagai jenis karena menggunakan sistem menembak sasaran. Salah satu contohnya PinBall yah ini bisa dibilang permainan karambol online hehee. Selain itu ada juga mouse trap, foot chinko

 

Selain 3 kategori di atas, masih banyak lagi kategori permainan. Berdasarkan jenis, bentuk, hingga pilihan permainan terfavorit dan game edukasi. Jadi Sahabat Edu bisa tahu jenis permainan apa yang paling digemari oleh orang-orang. Bagaimana? Apakah tertarik mencoba? Yuk bisa langsung menuju http://plays.org dan coba permaiannya.

 

 

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya

Diberdayakan oleh Blogger.