Manfaat Membuat Papercraft dan Contoh Papercraft untuk Anak

 


Manfaat Membuat Papercraft dan Contoh Papercraft untuk Anak - Melanjutkan tulisan saya yang berjudul PaperCraft: Cara Murah dan Mudah untuk Meningkatkan Karakter Positif Anak , ternyata papercraft tidak hanya untuk meningkatkan karakter positif saja. Tapia da beragam manfaat lainnya.

Wait, apa sih papercraft itu?

Papercraft adalah sebuah seni menggunting, melipat, mengelem dan membentuk kertas ini sangat digemari oleh beberapa kalangan. Seni ini merupakan perkembangan seni origami asal Jepang. Dengan kata lain papercraft merupakan turunan dari seni melipat kertas seperti Origami.

Bedanya Origami adalah proses pembuatan kertas dengan melipat kertas tanpa menggunakan lem tetapi dalam pembuatan, sedang Papercraft ada menyangkut menggunting kertas, menempel kertas dan melipat kertas. Setiap kertas yang telah di gunting kemudian di lipat dan di rekatkan menggunakan lem.

Sejarah Papercraft

Awalnya Papercraft ini di cetak di majalah pada abad ke 20 yang di namakan Card modeling. Popularitas papercraft juga di mulai semenjak perang dunia ke II dimana kertas pada saat itu tidak ada batasan dalam produksinya, Perkembangannya sangat pesat dari awal tahun 1990an di daerah Jepang dan Eropa.

Di Indonesia, beberapa media telah memperkenalkan di tahun 1990an. seperti Majalah Angkasa, Bobo, Smurf, dan lainnya, yang anak angkatan 90an pasti ngerti deh grin emotikon

 

Manfaat Papercraft

  • 1.    Meningkatkan kreatifitas.

Dari beberapa buku yang sayabaca, dengan membuat papercraft maka semakin kreatif pikiran kita. Apalagi sekarang ada banyak model lucu atau bahkan aneh dan unik yang sengaja di buat agar berbeda dengan bentuk atau model lain. Mulai dari sederhana sampai yang paling rumit, dan dari berbagai template tersebut kalian dapat membentuk sebuah karya seni papercraft didalamnya.

  • 2.   Melatih Kesabaran serta tingkat Kontrol Emosi dan Melatih Tingkat Stress.

Dalam membuat sebuah kerajinan kertas diperlukan kesabaran yang tinggi. Meletakkan benda satu dengan benda yang lainnya secara perlahan-lahan, lebih teliti dan rapi di dalam memotong dan menempel potongan design hingga membentuk suatu model papercraft. 

hal ini memerlukan kesabaran yang tinggi untuk mendapatkan hasil yang rapi dan bagus. Selain itu papercraft juga dapat melatih kesabaran serta tingkat kontrol emosi dan melatih tingkat stress.

Semakin sering mengerjakan papercraft maka semakin kreatif pikiran dan semakin terjaganya kestabilan emosi.

Poin ini diperlukan karena untuk menjadi sukses dalam hidup kuncinya adalah kesabaran.

  • 3.   Melatih Konsetrasi

Saat membuat papercraft, kita dituntut memiliki konsentrasi yang cukup agar membuat karya yang bagus dan indah. Sebuah kegiatan dengan ketangkasan dan koordinasi mata dengan tangan tetapi dengan cara tidak melelahkan pikiran dan tubuh.

  • 4.   Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, 

Saat membuat papercraft, kadang kita nyeletuk, “loh ini kok gini ya? kok bisa gini ya?”

Atau “caranya gimana?”  dari pertanyaan-pertanyaan tersebut membuat kita mulai berpikir dan mencari cara untuk memecahkan masalah. Seiring berjalannya waktu kesalahan akan pudar dan dapat diatasi dengan pengalaman,

  • 5.   Meningkatkan ketangkasan mental dan keterampilan motorik

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa membuat kerajinan kertas, papercraft, atau seperti melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan tangan akan merangsang area otak dan membantu menciptakan jalur saraf yang baru sehingga kegiatan kerajinan kertas ini akan sangat melatih otak kita.

Hal ini juga sangat membantu untuk membantu kita dalam peremajaan pikiran dan tubuh. Hal ini didukung dengan penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Neuropsychiatry, membaca buku dan membuat kerajinan dapat mengurangi peluang gangguan kognitif ringan hingga 30% hingga 50%.

  • 6.   Meningkatkan rasa percaya diri

Setelah menyelesaikan sebuah proyek kerajinan kertas, tentu kita akan merasa gembira yang sama dengan yang kalian rasakan ketika mencapai sebuah tujuan apa pun. Jika kalian lakukan secara berkala dan terus menerus pasti akan membuat kalian lebih percaya diri dalam keseluruhan aspek kehidupan ini.


Perlengkapan yang di butuhkan untuk membuat Papercraft sebagai berikut

1.     Gunting : alat dasar dalam membuat papercraft

2.    Tracer : Alat ini digunakan untuk membuat pola tekukan sehingga kertas mudah dilipat.

3.    Cutter : Alat untuk memotong bagian pola

4.    Stylus cutter / Cutter pen : fungsi ini sama dengan cutter, hanya saja Stlyus cutter bentuknya seperti pen, dan pisaunya kecil, bagus untuk memotong bagian yang kecil

5.    Cutting mat : alat untuk menjaga keawetan mata pisau cutter, dan berguna sebagai alas cutter

6.    Lem : ada banyak jenis lem, tetapi yang paling disarankan yaitu : lem UHU, FOX, dan super glue

7.    Printer : untuk print pola papercraft, disarankan memakai printer laser, karena warnanya lebih bagus dan tidak cepat pudar.

8. Kertas khusus : kertas yang disebut bukan kertas biasa, kertas yang digunakan harus mempunyai ketebalan yang cukup tebal, agar dapat menciptakan tekukan yang bagus. Misalnya kertas yang mempunyai ketebalan yang berkisar dari 100gr keatas – 200gr lebih.

Jenis-jenis kertasnya seperti : Bufallo, BC Think, InkJet Paper, Glossy Photo Paper, dll.

 

    Seru kan? 

    Yuk kita coba, Ada banyak model papercraft, beberapa diantaranya seperti yang dibuat murid Kelas 3C SDN Kebonsari 2. Kumpulan Papercraft yang mereka buat, nantinya akan dijadikan madding 3D. Selain Mading 3D bisa juga untuk buku. Seperti buku yang pernah saya buat: InteractiveBook untuk Meningkatkan Kreativitas Anak , jurnal buku ini ada di JurnalPenelitian Pendidikan IPA UNESA

 

    Berikut contoh papercraft yang dibuat oleh Siswa kelas 3C SDN Kebonsari 2 Kota Malang

 

Mutia Septi Chifamba

Shaqilla Khansa Kirani

Marsha Wily Evandra

Ananda Abhinaya Atha

Syifa Faza Ramadhani 

Syafira Ayu Azzahra

Sifana Putri Aulia

Muhammad Raffaditya Karunia Abyasa

Rofail Azzam Alfian

Audia Okta Bellia

Aqiilah Putri Afif Fahd

A'ffyzha Hati Asmaradhana

Adimmas Aliansyah Rulloh

Muhammad Abrar Atharizz Putra

Aura Natzwa Wijayanti

Alzam Prawira Ramadhan

Fareza Martha Novita

Mirzania Indah Yolisana

Muhammad Danish Isham

Muhammad Zaidan Falahi Asyifak

Ibnaty Adeeva Mursani

Nadia Isma Khairani

 

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya

Diberdayakan oleh Blogger.