Merangkum Buku Bang Untung yang Saleh - Muhammad Adnan Hisyam

 


Merangkum Buku Bang Untung yang Saleh - Muhammad Adnan Hisyam

Bang Untung yang saleh menceritakan tentang seorang yang bekerja sebagai tukang  sampah yang rajin dan ulet. Beliau dikenal sebagai orang yang renda hati. Bahkan hingga akhir hayat pun jasatnya berbau wangi.

Ibaduddin adalah putra dari mustakim dan muniroh. Dari kecil Ibaduddin sudah pandai berbohong. Hingga ketika dewasa Ibadudin diberi julukan Mat kibul. Namun, pada akhirnya Ibaduddin taubat dibantu oleh ustad sobri

Si Kecil membantu nenek mencari kayu bakar  di hutan dan menemukan danau terlarang. Dia memancing di danau itu dan membuat marah raja beruk. Akhirnya Si Kecil dihukum untuk memberi makan warga di kerajaan beruk dengan kinca buatan neneknya. Seluruh warga kerajaan beruk puas dan memperbolehkan Si Kecil untuk memancing di danau lagi.

Putri adalah seorang anak yang murung. Dia merasa kesepian di rumah karena ditinggal kerja oleh orang tuanya. Suatu hari ia diajak oleh pengasuhnya pergi ke rumah Pak Samad. Putri jadi senang dan nafsu makannya bertambah.

Aki Fulan dan Bu Nyai adalah guru ngaji di kampung. Salah satu muridnya Bernama Fitria. Fitria merupakan anak dari Pak Hasan dan Bu Laila. Pak Hasan dan Bu Laiala akan berangkat haji. Tetapi mereka berdua meremehkan Aki Fulan. Setelah sampai di tanah suci mekkah Bu Laila melihat Aki Fulan sholat di depannya. Dan ternyata itu benar Aki Fulan yang saat itu memang sedang melaksanakan ibadah haji.

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya

Diberdayakan oleh Blogger.