Header Ads

Apa itu Montessori dan Bagaimana Penerapannya Pada Si Kecil?

Apa itu Montessori dan Bagaimana Penerapannya Pada Si Kecil?

Apa itu Montessori dan Bagaimana Penerapannya Pada Si Kecil? - Salah satu metode yang digunakan untuk mendidik anak dan direkomendasikan adalah Montessori. Sebagaimana namanya, metode ini ditemukan oleh Maria Montessori pada abad ke-19 silam. 

Apa itu Montessori? Kenapa metodenya dianggap berkualitas untuk membantu perkembangan anak di usia dini?

Metode pendidikan anak secara holistik ini berkembang pesat sehingga menjadi salah satu favorit para orang tua. Apalagi manfaatnya sangat beragam, mulai dari membantu perkembangan kognitif, emosional, sosial, serta fisik sesuai dengan usia anak.

Bagaimana Cara Menerapkan Metode Montessori?

Perlu Anda ketahui bahwa cara penerapan metode ini adalah membiarkan anak-anak untuk belajar sendiri atau secara mandiri. Dari sini, si kecil bisa memilih apa yang ia sukai dan ingin dipelajari. Tidak ada unsur paksaan dalam belajar, sehingga anak bisa aktif melakukan apa yang ia sukai.

Anak-anak diharapkan bisa mengeksplorasi dan mengembangkan potensi dirinya dengan baik, sehingga bisa lebih siap dalam menghadapi dunia nyata.

Berikut ini ada beberapa tips untuk membuat pembelajaran Montessori di rumah untuk si kecil:

Memajang Benda Estetik

Ternyata penting sekali untuk memajang benda estetik di dalam rumah, terutama area bermain anak. Sebab anak bisa menikmati pemandangan tersebut, bisa berupa lukisan, tanaman, atau benda lainnya yang enak dilihat dan cocok untuk si kecil. Syaratnya, benda tersebut harus memiliki ukuran yang sama dengan tubuh anak.

Memancing dengan Benda Menarik

Anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi terhadap apapun, apalagi jika Anda memasang benda-benda menarik di tempat mereka bermain. Benda tersebut bisa ditempatkan pada rak, kotak, meja, atau tempat lainnya.

Tapi tidak perlu terlalu banyak memajang benda menarik, cukup beberapa saja sehingga anak bisa fokus. Anda bisa menambah pajangan benda seiring dengan perkembangan anak.

Menempatkan Benda dengan Rapi

Selanjutnya adalah menempatkan benda-benda dengan rapi sesuai dengan jenisnya. Ada kotak untuk benda A, kotak untuk benda B, dan seterusnya. Dengan begitu, anak-anak jadi tahu bagaimana mereka harus membereskan mainannya dengan baik sesuai dengan tempatnya. Tips ini juga bisa mengajari anak untuk bertanggung jawab pada dirinya setelah bermain.

Mengamati Cara Pandang Anak

Anda juga bisa mengamati bagaimana anak-anak melihat benda yang telah dipajang. Apakah mereka benar-benar fokus, tertarik, atau justru tidak tertarik sama sekali. Tidak perlu bertanya pada anak, amati saja bagaimana mereka bermain dan memandang benda-benda.

Berikan Benda Pemicu Kemandirian

Anda juga bisa menempatkan beberapa mainan dalam keranjang untuk bermain anak. Tempatkan semua mainan sesuai kebutuhannya, sehingga ia bisa memilih sendiri tanpa ada campur tangan orang lain. Sebagai orang tua, Anda hanya perlu mengamatinya bermain tanpa ikut campur. Apalagi kalau anak sedang menikmati dunianya.

Apa Saja Manfaat Metode Montessori?

Metode pembelajaran holistik ini telah diterapkan di banyak sekolah, sehingga anak bisa belajar dengan lebih berkualitas. Baik di sekolah maupun di rumah, metode ini memberikan banyak manfaat untuk tumbuh kembang si kecil. Misalnya manfaat-manfaat berikut ini:

        Mendorong kreativitas anak.

        Anak bisa langsung belajar sambil praktik.

        Cara efektif untuk membantu anak dalam mengembangkan skill tertentu.

        Metode pembelajaran sesuai dengan usia si kecil.

        Anak-anak bisa bekerja sama dan lebih mandiri.

Setelah mengetahui apa itu Montessori, tentunya Anda tidak ragu untuk menerapkannya langsung bagi si kecil kan? Bantu anak tumbuh cerdas dengan metode pembelajaran tepat, serta bantu ia tumbuh sehat dengan asupan nutrisi bergizi.

 

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya

Diberdayakan oleh Blogger.