[Tugas Merangkum Buku] Malin Kundang Anak Durhaka

 


Tugas Merangkum Buku

Oleh Alzam Prawira Ramadhan

 

Malin Kundang Anak Durhaka

Karya: MB Rahimsyah

 

Dahulu kala di perkampungan di Padang Sumatera Barat hiduplah seorang anak bernama Malin Kundang. Ia tinggal bersama ibunya, Mande Rubayah. Ayah Malin pergi berlayar tapi tidak pernah kembali. Mande Rubayah berjualan kue untuk menghidupi dirinya dan Malin. Tak terasa waktu berlalu, Malin pun tumbuh menjadi remaja. Ia sangat menyayangi ibunya. Ia ingin membahagiakan ibunya, hingga terpikir di kepalanya untuk pergi merantau. Mande Rubayah dengan sedihnya mengijinkan Malin untuk pergi.

Di perantauan Malin bertemu dengan saudagar kaya. Kemudian Malin ikut bekerja di kapalnya. Karena kecerdasan dan kegigihannya dalam bekerja, akhirnya Malin diangkat sebagai anak oleh saudagar tersebut dan disuruh menggantikannya. Pada suatu hari Malin bertemu dengan putri cantik anak saudagar kaya. Mereka akhirnya menikah. Hari berganti hari hingga suatu ketika Malin dan istrinya berlayar ke kampung halaman Malin. Mendengar hal itu, Mande Rubayah bergegas menuju pantai. Tapi harapannya kandas, anak yang dinanti-nanti selama ini ternyata telah melupakannya dan tidak mengakuinya sebagai ibunya. Mande Rubayah sangat hancur hatinya. Dia kemudian berdoa dan mengutuk si Malin. Alhasil Malin Kundang dan istrinya beserta awak kapalnya dihantam ombak yang besar hingga akhirnya tewas. Keesokan harinya, di kaki bukit terlihat sebongkah batu yang menyerupai manusia. Itulah si Malin Kundang anak durhaka yang dikutuk ibunya menjadi batu.

 

*Amanat:

Jangan sekali-kali kita berkata kasar kepada ibu kita apalagi sampai menyakiti hatinya. Doa ibu sangat diijabah oleh Yang Maha Kuasa. Ingatlah surga ada ditelapak kaki ibu.

Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya

Diberdayakan oleh Blogger.