Ketahui Cara Mudah Untuk Mengecek Kualitas Oli Pada Mobil Berikut Ini - Fauziah Rachmawati | Pendidik dan Penulis

Breaking

Iklan

Senin, 10 April 2023

Ketahui Cara Mudah Untuk Mengecek Kualitas Oli Pada Mobil Berikut Ini

Ketahui Cara Mudah Untuk Mengecek Kualitas Oli Pada Mobil Berikut Ini
eduinspirasi - Komponen yang ada pada mobil tentunya ada banyak sekali, ada yang bentuk komponen keras dan juga ada yang berbentuk cairan. Beberapa komponen dalam bentuk cairan bisa ditemukan di mobil mulai dari oli mesin, minyak rem, oli gardan, oli transmisi, dan juga oli yang ada di power steering. Dari beberapa cairan yang ada di mobil, tentu bisa dikatakan bahwa cairan yang paling penting diketahui kondisinya dan harus diganti dengan yang baru jika sudah menurun kualitasnya adalah oli mesin. Makanya untuk menunjang performa agar bisa lebih optimal tentunya penting untuk dilakukan pengecekan yang rutin. Berikut ini akan diberitahu cara mudah dalam mengecek kualitas oli pada kendaraan roda empat.

Ketahui waktu yang tepat untuk cek

Oli pada mesin yang dibiarkan terlalu lama dan tidak pernah diganti tentunya akan berdampak buruk pada performa mobil dan yang paling parah adalah mesin tidak dapat menyala. Pertanyaan yang sering muncul dari orang lain adalah kapan waktu yang tepat untuk cek oli yang ada di mesin? jawabannya adalah mesti dicek 1 atau 2 bulan. Sedangkan untuk waktu penggantian oli yaitu setelah menempuh jarak sejauh 10 ribu kilometer atau saat mobil sudah dipakai selama 6 sampai 12 bulan.

Ketika ingin mengecek maka pastikan mobil sudah dalam keadaan mati lalu tunggu sampai kurang lebih 10 menit yang bisa dilakukan ketika pagi hari. Jika sudah ada tanda-tanda seperti suara mobil kasar, kecepatan menurun, sulit akselerasi, oli sudah hitam, dan lampu indikator sudah memberikan sinyal untuk segera mengganti oli ke yang baru.

Cek dengan dipstick

Lalu bagaimana cara melakukan pengecekan oli? cara pertama adalah dengan memanfaatkan alat yang bernama dipstick. Dipstick ini merupakan tongkat berbentuk pipih yang ada di tabung penampungan oli. Pada tongkat ini terdapat warna mulai dari kuning, merah, atau juga putih. Cara menggunakannya juga mudah yaitu cukup mencelupkan ke dalam wadah oli dan akan diketahui kualitas oli yang akan menempel pada dipstick.

Ketahui kapasitas oli

Setelah mencelupkan selama beberapa waktu, selanjutnya bisa mengangkat dipstick yang terbagi 3 bagian yaitu kapasitasnya rendah, normal, dan full. Jika dipstick menunjukkan kapasitasnya rendah maka harus ditambah sesuai dengan standar. Oli yang kapasitasnya berkurang patut diwaspadai karena ada kemungkinan oli mengalami sedikit kebocoran. Sedangkan jika kapasitasnya normal tentunya menandakan bahwa kapasitasnya normal.

Itulah cara mengecek kualitas pada oli yang ada di mesin mobil dan cara pengecekan ini berlaku untuk semua mobil. Jadi bagi yang ingin beli mobil Veloz terbaru melalui aplikasi SEVA tentu bisa cek harga Toyota Veloz secara langsung. Semua mobil baru yang dibeli dari SEVA tentunya akan dijamin kualitasnya dan juga akan mendapatkan garansi yang diperoleh dari dealer resmi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya