Header Ads

Challenge Cosplay Pahlawan


 Challenge Cosplay Pahlawan - Pandemi sungguh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika di tahun sebelumnya, dapat memperingati hari Pahlawan dengan acara seru-seruan secara luring. Maka tahun ini sungguh berbeda.

Bagaimana mau mengadakan acara seperti luring, lha proses pembelajaran tatap muka saja masih belum diperbolehkan.

Namun pandemi bukan berarti menyurutkan semangat untuk memperingati hari pahlawan. Pandemi membuat kita berpikir dan berkreasi agar kegiatan yang dilakukan tidak berpotensi menularkan virus. Sebisa mungkin menyiasati untuk mengadakan kegiatan yang dapat juga membangkitkan semangat anak-anak dari kejenuhan selama pembelajaran jarak jauh.
Karena itu kami guru kelas III di SDN Kebonsari 2 Kota Malang membuat Challenge Cosplay Pahlawan secara daring.

Cosplay itu apa? Cosplay adalah adalah istilah bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata "costume" (kostum) dan "play" (bermain). Dengan kata lain cosplay berarti bermain kostum. Kostum yang dipakai biasanya adalah tokoh anime, manga, artis, penyanyi, dan banyak yang lainnya. Nah, kali ini cosplay nya adalah pahlawan nasional.

 

Bentuk worksheet Cosplay Pahlawan untuk Siswa:

 

Cosplay Pahlawan

Dalam rangka memperingati hari Pahlawan, mari kita semarakan dengan tantangan Cosplay Pahlawan

Ketentuannya

1.     Pilih foto pahlawan yang akan kalian tiru

2.    Sesuaikan pakaian dan gaya kalian

3.    Mohon tidak ke salon atau beli perlengkapan, pakailah bahan yang ada di rumah (seadanya dan sekreatif mungkin)

4.    Satukan fotomu dan foto pahlawan yang kalian pilih (dalam bentuk kolase, kanan-kiri)

5.    Kirim file foto ke walikelas dan print foto tersebut

6.    Ada reward untuk 5 foto terbaik

 


Alhamdulillah Challenge
Foto Cosplay Pahlawan Nasioanal disambut dengan antusias oleh peserta didik. Challenge tidak hanya untuk seru-seruan saja, tapi juga memiliki beragam maksud dan tujuan.

 

Tujuan Challenge Cosplay Pahlawan

1.     Seperti yang kita tahu, pada usia dini, anak-anak memiliki kecenderungan untuk meniru (Children See, Children Do). Jadi melalui Challenge ini, diharapkan anak-anak dapat meniru jiwa kepahlawanan yang dimiliki oleh tokoh yang dipilih, melalui hal yang sederhana, yaitu melalui pakaian dan ekspresi.

2.    Acara sederhana ini juga bisa untuk mengenalkan para pahlawan nasional Indonesia. Pastinya anak-anak (bersama orang tua) akan mencari tokoh-tokoh yang akan ditiru. Dalam proses pencarian itu, mereka akan sedikit demi sedikit mengenal para pahlawan yang ada di Indonesia.

3.    Setelah mencari tentang pahlawan yang akan ditiru, biasanya anak-anak yang memiliki rasa ingin tahu siswa dengan sejarah para pahlawan nasional. Semoga hal ini membuat mereka membaca dan mengenal pahlawan Indonesia secara lebih dalam. Bangsa yang besar adalah bangsa yang mengingat sejarah bangsanya.

4.    Dimasa sekarang yang lebih dikenal dengan generasi 4.0 membutuhkan pengingat sejarah bangsa ini. Melalui acara ini, anak-anak dapat mengetahui bagaimana perjuangan pendahulu bangsa, menyadari kalau Indonesia merdeka dengan melalui perjuangan yang tidak mudah. Banyaknya bukti sejarah menunjukkan besarnya pengorbanan yang dilakukan pendahulu bangsa ini. Sehingga mereka akan terus mengingat jasa pahlawan


Alhamdulillah walimurid begitu antusias mendandani putra/putrinya semirip mungkin dengan pahlawan yang dipilih. Ada yang diberi kumis, selendang, pakai kacamata, kerudung. Begitu luar biasa antusias anak-anak. Semoga kegiatan ini membangkitkan kembali semangat anak-anak untuk belajar meskipun masih berada dalam bayang-bayang pandemi.


 






























Pemenangnya











Tidak ada komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya

Diberdayakan oleh Blogger.