13 Hal yang Dipersiapkan Siswa Saat Tahun Ajaran Baru - Fauziah Rachmawati | Pendidik dan Penulis

Breaking

Iklan

Senin, 10 Juli 2023

13 Hal yang Dipersiapkan Siswa Saat Tahun Ajaran Baru



13 Hal yang Dipersiapkan Siswa Saat Tahun Ajaran Baru

 

Selamat tahun ajaran baru Sahabat Edu. Bagaimana kabarnya? Pasti tak sabar ingin masuk sekolah ya? Punya teman baru, alat tulis baru, kelas baru, wali kelas baru, dan hal-hal baru lainnya. Deg-degan senang atau takut? Heheh..

Agar persiapan tahun ajaran baru maksimal, yuk simak apa saja yang perlu dipersiapkan dalam menyambut kelas baru.

1.    Persiapan mental

Kelas baru pasti kondisinya berbeda dengan kelas sebelumnya Jadi Sahabat Edu perlu mempersiapkan mental. Misalnya meningkatkan rasa percaya diri dan menambah energy semangat.

 

2.   Kesadaran untuk belajar

Sahabat Edu perlu menyadari kalau belajar itu penting. Belajar tidak hanya dis ekolah, tapi juga di rumah, taman, tempat berain, dll. Ada baiknya membuat jadwal yang mencakup waktu untuk belajar, istirahat, pegang hape, dan bermain. Kelas baru pasti beda dengan kelas sebelumnya.

 

3.   Komunikasi dengan guru.

Menjalin komunikasi dengan guru penting dilakukan oleh anak dan orang tua. Biasanya saya mengajak ngobrol walimurid untuk mengetahui minat, bakat, perkembangan anak, dan hal-hal lainnya. Hal ini dilakuakn untuk memahami harapan dan tujuan pembelajaran di kelas baru.

 

4.   Pembelajaran lanjutan.

Pembelajaran lanjutan ini bisa dilakukan oleh semua anak. Missal kalau ada yang kurang paham dan butuh tambahan belajar, berarti harus ikut tambahan belajar.

Bagi yang sudah paham, bisa mulai mengembangkan minatnya. Jadi sekolah tidak hanya dapat ilmu pelajaran tapi juga bisa buat ajang meningkatkan kemampuan lain. Bisa dilakukan melalui buku, kursus online, atau kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan minat mereka. Ini dapat membantu mereka merasa termotivasi dan merangsang keingintahuan.

 

5.   Seragam Sekolah

Seragam sekolah tak perlu baru. Asal rapid an muat masih bisa dipakai. Selama masa libur sekolah jangan lupa untuk mengukur kembali seragam sekolah. Jangan sampai ketika dipakai ternyata ukurannya sudah mulai kecil karena pertumbuhan anak selama liburan.

Oiya jangan lupa bet sekolah juga dicek ya. Kalau ada yang pelu diganti bisa diganti. Misalnya bet keterangan kelas.


 

6.   Sepatu dan Kaos Kaki yang Nyaman

Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan seringkali ukuran sepatunya cepat sempit sehingga tidak nyaman lagi untuk digunakan. Oleh karena itu, ketika memilih sepatu untuk anak, sebaiknya ukurannya jangan terlalu pas, tetapi tidak terlalu longgar juga. Model sepatu seharusnya disesuaikan juga dengan aturan yang diterapkan di sekolah, agar anak belajar mematuhi aturan dan disiplin sejak dini. 

Kemudian, pastikan sepatu yang dipilih nyaman dan tidak membuat kaki anak lecet. Nah, selain sepatu, jangan lupa untuk memilih kaus kakinya juga. Sebaiknya siapkan jumlah kaus kaki minimal sejumlah hari sekolah anak dalam seminggu, sehingga anak bisa berganti kaus kaki setiap hari untuk menjaga kebersihan kaki dan sepatunya. 

Kaus kaki mohon diberi nama ya. Jangan sampai ada banyak kaus kaki tak bernama yang ditemukan di kelas. Kasihan orang tua kalau harus beli lagi dan lagi.

 

7.   Tas Sekolah yang Bisa Menampung Alat Tulis

Tas sekolah adalah perlengkapan paling penting yang harus disiapkan untuk anak sekolah. Membeli tas sekolah sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan anak. Anak SD tentu membutuhkan tas yang ukurannya lebih besar dibandingkan anak TK, sebab peralatan sekolahnya jauh lebih banyak. 

Tas sekolah pun memiliki banyak model, seperti tas ransel dan tas troli. Tas ransel kelebihannya adalah cukup simpel, sedangkan tas troli bisa ditarik ketika anak merasa keberatan menyandangnya. Nah, motif tas untuk anak laki-laki dan perempuan juga berbeda ya.

 

8.   Alat Tulis

Ketika memasuki Sekolah Dasar, alat tulis menjadi bagian paling penting yang wajib dimiliki oleh anak-anak. Ketika SD anak-anak tentu sudah mulai diajarkan menulis, sehingga perlu menyiapkan alat tulis lengkap seperti buku tulis, pensil, penghapus, penggaris, rautan, dan lain sebagainya yang dapat mempermudah anak belajar di sekolah.

Alat tulis yang dibutuhkan

a.     Buku

Buku kotak untuk Matematika, buku garis, buku halus, buku penghubung, dan buku gambar.

b.    Pensil warna hitam cling, bukan warna hitam yang kesannya abu-abu.

c.     penghapus

d.    bolpoin hitam dan warna lainnya

e.     stabilo

f.      penggaris (mulai penggaris panjang, segitiga, dan busur)

g.     Correction Tape / Pita Koreksi/tip-ex. Sebaiknya yang bentuknya seperti kertas bukan yang cair.

h.    Hand sanitizer

Untuk keamanan, sebaiknya semua alat tulis diberi nama. Kebiasaan ini saya temukan saat melihat siswa di Jepang, semua alat tulis dan barang bawaan diberi nama semua.

 

13 Hal yang Dipersiapkan Siswa Saat Tahun Ajaran Baru

9.   Buku khusus untuk hapalan kosa kata

Buku ini bisa digunakan untuk pelajaran Bahasa Inggris, Bahasa Arab, atau pelajaran Bahasa lain. Manfaatnya untuk mengetahui tambahan kosakata yang dihapal siswa. Dihapal secara pengucapan dan penulisan.

Baiknya buku yang dipake adalah buu yang mudah buat mobile. Misalnya buku notes, buku kecil, atau yang lain.

 

10. Tempat Minum dan Kotak Bekal

Agar tidak jajan sembarangan, maka sebaiknya menyiapkan bekal makanan dan minuman dari rumah. Oleh karena itu, butuh menyediakan perlengkapan berupa tempat makan dan kotak minum yang mudah untuk mereka bawa.

Sahabat Edu bisa memilih kotak makan yang sesuai dengan pormi makan, sehingga tidak keberatan membawanya.

 

11.  Merapikan rambut

Tahun ajaran baru, penampilan baru.  Untuk siswa laki-laki, jangan lupa untuk potong rambut ya. Agar terlihat lebih cakep

 

12.  Topi, Payung, dan Jas Hujan

Ketiga barang ini memang bukan alat tulis, namun semuanya dibutuhkan untuk melindungi anak dari panas dan hujan ketika berangkat dan pulang sekolah. Menyediakan jas hujan dan payung dari jauh-jauh hari membantu anak saat musim hujan tiba. Sedangkan topi bisa membantu anak berlindung dari teriknya panas matahari. 

 

13.       Obat Pribadi

Ketika anak sudah masuk SD, menyediakan obat pribadi juga perlu dilakukan. Terutama jika memiliki penyakit tertentu. Jangan lupa mengomunikasikan dengan guru tentang cara penanganan yang tepat jika sewaktu-waktu penyakit anak kambuh. 

 

Itulah 13 hal yang perlu dipersiapkan saat tahun ajaran baru. Selamat menyambut semangat baru Sahabat Edu


Oiya, satulagi...

Yuk kita lakukan pembiasaan pagi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung di blog saya, semoga bermanfaat. Jangan lupa komen ya