Pengalaman Liburan Ke Jakarta, Bogor dan Bandung - Fauziah Rachmawati | Pendidik dan Penulis

Breaking

Iklan

Rabu, 15 Januari 2020

Pengalaman Liburan Ke Jakarta, Bogor dan Bandung

Muhammad Islam

Tidak ada pengalaman yang bisa kulupakan saat aku ke Jakarta. Saat perjalanan memang   agak membosankan karena dari Malang ke Jakarta aku lewat tol. Jadi pemandangan di luar adalah jalan tol terus. Kami hanya berhenti dari rest area yang satu ke rest area yang lain. Tapi selama di Jakarta jadwalku sangatlah padat. Aku pergi ke Dufan, Taman Mini, Monas, Perpustakaan Nasional, Masjid Istiqlal dan Kawasan Kota Tua Jakarta. Aku juga mencoba naik MRT pertama di Indonesia dari stasiun Bundaran HI ke stasiun Istora. Ternyata pemandangan kota Jakarta di saat malam tidak seperti di Indonesia melainkan mirip seperti suasana kota Singapura.

Setelah mencoba naik MRT, kami pergi ke area Bundaran HI tempat patung Selamat Datang. Disitu aku melihat beberapa pengendara nakal yang mengendarai kendaraannya di jalur khusus Busway yang seharusnya dilarang bagi kendaraan pribadi ataupun umum.

Dari Jakarta, aku pergi ke Bogor untuk berkunjung ke Taman buah Mekarsari yang didirikan oleh Ibu Tien Soeharto. Kebun itu berisi macam-macam tanaman buah dari seluruh Indonesia.

Dari Bogor, aku melanjutkan perjalanan ke Bandung. Setelah sampai di Bandung, aku menginap aku menginap di hotel yang berlokasi di dalam mall. Jadwalku di Bandung tidaklah padat. Di sana aku berkunjung ke Observatorium Boscha. Di dalam Observatorium itu terdapat teropong berukuran raksasa yang bernama Teropong Zeiss. Teropong itu sangat besar dan berat. Bobotnya kurang lebih 17 ton. Aku kesana siang hari, jadi aku tidak berkesempatan menggunakan teropong tersebut.

Setelah berkunjung ke Observatorium Boscha, aku mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu. Gunung itu memiliki 3 kawah aktif. Salah satu yang terbesar adalah kawah Ratu. Dari kawah itu keluar asap belerang yang baunya sangat menyengat.

Dalam perjalanan pulang ke Malang, nenekku sakit. Akhirnya, kami menginap di Semarang selama satu malam untuk memulihkan keadaan nenekku. Setelah sampai di Malang, kami semua jatuh sakit karena kecapekan kecuali aku. Tapi bagaimanapun juga aku bersyukur karena Allah telah memberikanku kesempatan untuk berlibur bersama keluarga ke Jakarta, Bogor dan Bandung.